Cegah Konflik Manusia-Buaya, BKSDA Sumbar: Kenali Ciri-Ciri Habitat Buaya Ini

- Selasa, 17 Mei 2022 | 12:23 WIB
Buaya sungai yang muncul di Sungai Sapih setelah berhasil dievakuasi Tim BKSDA Sumbar
Buaya sungai yang muncul di Sungai Sapih setelah berhasil dievakuasi Tim BKSDA Sumbar

HARIAN HALUAN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) berhasil mengevakuasi seekor buaya yang ditemukan di Kelurahan Sungai Sapih, Kuranji, Kota Padang dam membawanya ke tempat transit satwa pada Selasa, 17 Mei 2022.

Terkait penemuan satwa langka itu, Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono pada Senin, 16 Mei 2022 menjelaskan terkait pencegahan konflik manusia-buaya, antara lain menjelaskan ciri-ciri tempat yang kerap didiami buaya.

"Sungai dan muara yang dalam dengan aliran arus yang lambat merupakan habitat yang paling disukai oleh buaya dan di lokasi seperti itu buaya biasa bersarang," kata BKSDA Sumbar.

Baca Juga: Buaya yang Ditemukan di Sungai Sapih Berhasil Dievakuasi, Ini Kondisinya Kata BKSDA Sumbar

Ia mengatakan apabila terjadi banjir yang membuat arus sungai bertambah deras, umumnya buaya akan menyebar ke sekitar habitat utamanya untuk mencari perairan yang lebih tenang sebagai tempat bersarang.

"Buaya merupakan pemangsa penyergap, menunggu mangsa hewan darat atau ikan mendekat, lalu menerkam tiba-tiba sehingga ketika menunggu mangsanya di dalam air, buaya biasanya akan menyamar seperti batang kayu yang mengapung tap mata dan lubang hidung buaya masih dapat terlihat ketika ia melakukan penyamaran seperti itu.

"Reptil ini akan lebih buas apabila memasuki musim kawin dan bertelur, sehingga lebih mudah menyerang hewan dan manusia yang mendekatinya atau sarangnya," ujarnya.

Baca Juga: BKSDA Sumbar Terima Trenggiling dan Kukang dari Warga Pauh Padang dan Padang Pariaman

Menurutnya, biasanya induk buaya betina menyimpan telur-telurnya di bawah gundukan tanah atau pasir, bercampur dengan tumpukan dedaunan dan buaya akan menjaga sarang telurnya itu dari jarak sekitar 2 meter.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X