Polemik Tumpukan Sampah di Bukittinggi Ternyata Imbas Ketidakdisiplinan Masyarakat

- Selasa, 17 Mei 2022 | 19:18 WIB
Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi di Jalan Paninjauan, Campago Guguk Bulek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.
Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi di Jalan Paninjauan, Campago Guguk Bulek, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi.

HARIAN HALUAN - Masalah penumpukan sampah-sampah limbah rumah tangga di Bukittinggi ternyata memiliki banyak latar belakang. Pemicu terbesar disinyalir datang dari ketidakdisiplinan warga Bukittinggi dalam jadwal pembuangan sampah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, Aldiasnur saat dikonfirmasi Harianhaluan.com terkait tumpukan sampah masyarakat di beberapa titik di Bukittinggi.

"Kita tidak punya masalah dalam personel dan armada, semua cukup untuk mengangkut sampah di Bukittinggi. Tapi masyarakat membuang sampah diluar waktu yang ditentukan," ujarnya, Selasa, 17 Mei 2022.

Baca Juga: Langgar Perda, Lima Lapak Liar Dibongkar Satpol PP Bukittinggi 

Dalam catatannya, jadwal pengangkutan sampah di Kota Bukittinggi sendiri telah melewati batas wajar. Bahkan, dalam satu hari, satu tim bisa mengangkut sampah dari titik yang sama sampai empat kali.

"Contohnya saja di Jangkak dan Simpang Pasar Pagi (Jalan Bahder Djohan), disitu satu jam setelah dibersihkan, tumpukannya sudah tinggi lagi. Masyarakat lalu mengeluh, padahan masalahnya dari mereka sendiri," tuturnya.

Menurutnya, pernyataan tersebut dapat dipertanggungjawabkan melalui bukti foto setiap kali petugas kebersihan melakukan pembersihan.

Baca Juga: Syukuri Kebijakan Pelonggaran Masker, Imam Shamsi Ali: Oleh-oleh dari Amerika

Dari foto tersebut, terlihat jarak waktu saat petugas kebersihan selesai mengangkut sampah dengan jarak waktu foto yang diunggah netizen ke media sosial.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X