Penampakan Buaya di Sungai Batang Anai, BKSDA Sumbar Ingatkan Warga Untuk Hindari Konflik Dengan Buaya

- Rabu, 18 Mei 2022 | 12:25 WIB
Adanya Penampakan Buaya di Batang Anai, BKSDA Kembali Pasang Plang Peringatan Berbahaya
Adanya Penampakan Buaya di Batang Anai, BKSDA Kembali Pasang Plang Peringatan Berbahaya

HARIAN HALUAN - Sebuah video beredar di media sosial Instagram terkait kemunculan seekor buaya di daerah aliran sungai Batang Anai, Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman pada Senin, 16 Mei 2022 lalu.

Berdasarkan video yang diunggah akun warga bernama Haristyawan menunjukkan keberadaan buaya itu tidak jauh dari permukiman penduduk yang terlihat dari beberapa rumah di sekitar sungai.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Ardi Andono mengatakan pihaknya sudah pernah mengecek lokasi kemunculan buaya tersebut dan didapati wilayah tersebut memang habitat buaya.

Baca Juga: Cegah Konflik Manusia-Buaya, BKSDA Sumbar: Kenali Ciri-Ciri Habitat Buaya Ini

"Kami telah memasang plang berisi informasi bahwa di sana memang merupakan habitat buaya dan di sana memang selama ini sering muncul serta plang tersebut sebenarnya sudah kita pasang sejak tahun lalu," kata Ardi ketika dikonfirmasi HarianHaluan.com, Rabu 18 Mei 2022.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya plang informasi tersebut maka diharapkan masyarakat bisa berhati-hati sehingga bisa menghindari konflik dengan buaya.

"Masyarakat sudah beradaptasi di lokasi tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Buaya yang Ditemukan di Sungai Sapih Berhasil Dievakuasi, Ini Kondisinya Kata BKSDA Sumbar

Menurutnya meskipun sudah memasang plang informasi dan peringatan, Kepala BKSDA Sumbar menambahkan akan kembali memeriksa lokasi tersebut pada hari ini, Rabu 18 Mei 2022 dan berkoordinasi dengan pihak berwenang.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X