Buaya Mulai Sering Keluar Habitat Utamanya, Ini Alasannya Kata Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:17 WIB
Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono.
Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono.

HARIAN HALUAN - Dua video kemunculan buaya di wilayah Sumatera Barat pada Senin dan Selasa, 16-17 Mei 2022 beredar di media sosial Instagram.

Video tersebut memperlihatkan penampakan buaya di Kelurahan Sungai Sapih, Kuranji, Padang dan Nagari Katapiang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

Buaya yang muncul di Batang Anai ditemukan di pinggir sungai yang memang merupakan habitatnya, sementara buaya di Sungai Sapih ditemukan di sungai yang jarang dilalui satwa liar tersebut.

Baca Juga: Penampakan Buaya di Sungai Batang Anai, BKSDA Sumbar Ingatkan Warga Untuk Hindari Konflik Dengan Buaya

Menanggapi hal tersebut, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono melalui keterangan tertulisnya mengatakan buaya pada umumnya menyukai wilayah sungai yang dalam dan berarus tenang.

"Sungai dan muara yang dalam dengan aliran arus yang lambat merupakan habitat yang paling disukai oleh buaya dan di lokasi seperti itu buaya biasa bersarang," kata Ardi.

Namun, dikatakannya buaya bisa keluar dari habitat utamanya apabila arus sungai tempat ia biasa bersarang bertambah deras, sehingga buaya mencari tempat yang lebih tenang.

Baca Juga: Cegah Konflik Manusia-Buaya, BKSDA Sumbar: Kenali Ciri-Ciri Habitat Buaya Ini

"Apabila terjadi banjir yang membuat arus sungai bertambah deras, umumnya buaya akan menyebar ke sekitar habitat utamanya untuk mencari perairan yang lebih tenang sebagai tempat bersarang," ujar Kepala BKSDA Sumbar.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X