Maraknya Isu PMK, Tidak Patahkan Semangat Pedagang Jual Daging Sapi, Harga Stabil

- Rabu, 18 Mei 2022 | 17:20 WIB
Maraknya Isu PMK, Tidak Patahkan Semangat Pedagang Jual Daging Sapi, Harga Stabil
Maraknya Isu PMK, Tidak Patahkan Semangat Pedagang Jual Daging Sapi, Harga Stabil

 

HARIAN HALUAN - Usai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan umumkan perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di berbagai daerah di Sumatera Barat (Sumbar) para pedagang mengaku tidak cemas akan dampaknya terhadap penjualan daging. 

Hal ini diungkapkan oleh salah satu pedagang daging di Pasar Raya Kota Padang, Riko saat ditemui harianhaluan.com di los daging, Rabu, 18 Mei 2022. 

“Kami sebagai pedagang daging di Pasar Raya tidak terlalu cemas dengan PMK yang saat ini sedang ramai diperbincangkan, karena memang belum memberikan dampak apapun terhadap harga daging,” tutur Riko. 

Baca Juga: Tersebar di 8 Kabupaten dan Kota, Puluhan Ekor Sapi Terinfeksi PMK di Sumbar

Lebih lanjut Riko menerangkan, bahwa harga daging semenjak Hari Raya Idul Fitri 2022 tetap bertengger di harga Rp150.000 - Rp140.000 per kilonya. 

“Harga daging baik sebelum hari raya dan setelah hari raya termasuk ditemukannya wabah PMK ini tidak ada penurunan harga, masih segitu-segitu saja,” tuturnya.

Sementara itu, Riko mengaku mengambil pasokan daging dari salah satu Toke yang ada di wilayah Pesisir Selatan yang hingga saat ini belum ada kasus PMK pada Sapi yang terkonfirmasi.

Baca Juga: Nol Kasus PMK Terdeteksi, Bukittinggi Lakukan Seleksi Ketat Hewan Ternak Sapi

“Karena di Pesisir belum ada konfirmasi penyakit ini, makannya saya tidak terlalu cemas. Jikalau memang ada sapi yang terkena dampak PMK, harga daging saya perkirakan itu akan anjlok,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X