Pengelolaan Arsip Kementan Kembali Raih Penghargaan Kategori AA dari ANRI

- Rabu, 18 Mei 2022 | 20:11 WIB
Wakil Menteri Pertanian, Harvick Qolbi
Wakil Menteri Pertanian, Harvick Qolbi

HARIAN HALUAN - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih penghargaan kategori 'Sangat Memuaskan' tingkat Kementerian dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sesuai hasil pengawasan kearsipan 2022, Kementan mendapatkan nilai 93,42 dengan kategori “AA”.

Wakil Menteri Pertanian, Harvick Qolbi yang hadir mewakili Kementan mengatakan nilai pengawasan kearsipan mempunyai arti yang sangat penting, karena mencerminkan indeks kinerja penyelenggarakan kearsipan pada suatu K/L/Pemda terlebih sejak pengawasan kearsipan menjadi salah satu komponen yang dinilai dalam reformasi birokrasi, maka nilai pengawasan kearsipan menjadi penting dan strategis.

"Capaian kinerja penyelenggaraan kearsipan ini sangat membanggakan dan patut disyukuri oleh seluruh jajaran Kementerian Pertanian( Kementan)," ucap Harvick yang hadir pada acara penghargaan peringatan hari Kearsipan Nasional ke 51 yang disampaikan secara langsung oleh Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo di Riau, Rabu(18/5/22).

Baca Juga: Mentan: PMK Tidak Menular ke Manusia dan Kementan Siapkan Strategi Pemberantasan

Harvick mengatakan capaian Kementan atas nilai hasil pengawasan kearsipan tahun 2021 terasa lebih istimewa, karena perhitungan nilai hasil pengawasan kearsipan tahun 2021 menggunakan instrumen baru.

Nilai hasil pengawasan kearsipan merupakan akumulasi dari nilai hasil pengawasan kearsipan eksternal dengan bobot 60 persen dan nilai hasil pengawasan kearsipan internal internal dengan bobot 40 persen.

"Kedepan Kementan pun akan terus melakukan inovasi dalam peningkatan kualitas kearsiapan karena tentu ini dapat mempengaruhi capaian nilai kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi,"ucap Harvick.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, Imam Gunarto mengatakan ANRI melakukan pengawasan kearsipan kepada seluruh K/L/Pemda, dengan fokus pada aspek pengelolaan arsip dinamis, aspek sumberdaya manusia, dan aspek sarana dan prasarana kearsipan.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, dan Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pengawasan Kearsipan.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB

LaNyalla Minta Pemerintah Serius Berantas Pungli

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:22 WIB
X