Naik Drastis, Jumlah Sapi Terinfeksi PMK Melonjak Hingga Ratusan Ekor

- Kamis, 19 Mei 2022 | 14:47 WIB
Serang 4 Ekor Sapi, Kasus PMK Ditemukan di Payakumbuh (Istimewa)
Serang 4 Ekor Sapi, Kasus PMK Ditemukan di Payakumbuh (Istimewa)

HARIAN HALUAN - Perkembangan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Sumbar meningkat drastis dan hingga Kamis 19 Mei 2022 telah mencapai ratusan ekor sapi.

Kepadala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar drh. Erinaldi mengatakan sebelumnya, pada Rabu 18 Mei 2022 data yang diterimanya baru diangka 75 ekor sapi terinfeksi dan 23 ekor sapi terduga atau suspect.

"Kini sudah mencapai angka 237 ekor sapi, dimana 208 ekor sapi telah dinyatakan positif terinfeksi PMK dan 29 ekor sapi masih suspect dalam pengujian sampel," kata drh. Erinaldi.

Baca Juga: Tersebar di 8 Kabupaten dan Kota, Puluhan Ekor Sapi Terinfeksi PMK di Sumbar

Ia menjelaskan untuk daerah di Sumbar yang telah terjangkiti dengan PMK ini ada sebanyak 7 kabupaten dan kota yaitu Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh, Kota Padang, Kabupaten Solok, Kota Pariaman.

"Sedangkan untuk daerah yang masih suspect atau terduga yaitu Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kabupaten Agam dengan jumlah suspect 29 ekor sapi," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar.

Sebelumnya dijelaskan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar drh. Erinaldi mengatakan pada Rabu 17 Mei 2022 kemarin ada 4 daerah atau kabupaten dan kota di Sumbar yang ditemukan kasus PMK.

Baca Juga: Nol Kasus PMK Terdeteksi, Bukittinggi Lakukan Seleksi Ketat Hewan Ternak Sapi

"Keempat daerah ini adalah Kabupaten Sijunjung, sebagai daerah pertama kali ditemukan kasus PMK, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Payakumbuh," kata drh. Erinaldi melalui keterangan tertulisnya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X