Kebakaran Lahan di Harau, BPBD Limapuluh Kota Sebut Dipengaruhi Faktor Cuaca

- Kamis, 19 Mei 2022 | 19:00 WIB
Kebakaran lahan di Harau/BPBD Limapuluh Kota
Kebakaran lahan di Harau/BPBD Limapuluh Kota

HARIAN HALUAN - Kebakaran lahan terjadi di Jorong Ketinggian, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota pada Kamis siang, 18 Mei 2022 kemarin.

Menurut Penanggung Jawab pusat pengendalian operasi penanggulangam bencana (Pusdalops PB) Kabupaten Limapuluh Kota, Rahmadinol, kebakaran yang berdampak pada 3 Ha lahan itu berhasil ditangani, berkoordinasi dengan kepolisian, pemadam kebakaran, dan pemerintahan daerah.

"Faktor penyebab kebakaran yakni cuaca saat itu memang panas terik, rawan kebakaran lahan, serta ada warga yang memvyka lahan dengan cara dibakar," ucap Rahmadinol ketika dihubungi HarianHaluan.com, Kamis, 19 Mei 2022.

Baca Juga: Masuk Lembah Harau Gratis, Ini Jamnya Kata Kadisparpora Lima Puluh Kota

Terkait siapa yang melakukan pembakaran, ia menyebut hal itu bukan wewenang BPBD.

Ia menyebut BPBD Limapuluh Kota telah memetakan potensi bencana kebakaran lahan dengan teriknya suhu pada siang hari dalam beberapa minggu ini.

"Memang sejak Maret, cuaca dengan musim pancaroba atau peralihan dari musim hujan ke kemarau saat ini kerap terik sehingga lahan rawan terbakar," sebutnya.

Baca Juga: Kedai Kopi Janji Jiwa Kebakaran, Butuh Waktu 30 Menit untuk Padamkan Api

Dengan demikian, ia menyebut pihaknya sudah menyampaikan imbauan, didukung juga dengan Surat Edaran (SE) Bupati Nomor 360/329/BPBD-LK/III-2022.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X