Puan Maharani Apresiasi Kebijakan Pemerintah, Epidemiolog: Pelonggaran Harus Tetap Diikuti Kewajiban Prokes

- Kamis, 19 Mei 2022 | 19:10 WIB
Ketum DPR RI Puan Maharani
Ketum DPR RI Puan Maharani

HARIAN HALUAN - Ketua DPR RI Puan Maharani apresiasi kebijakan Pemerintah terkait pelonggaran penggunaan masker di tengah masyarakat. 

Puan Maharani mengatakan bahwa pelonggaran prokes dinilai sesuai dengan kondisi yang semakin baik dan transisi dari pandemi ke endemi. 

"Kondisi sekarang memungkinkan anak-anak dapat kembali melakukan pelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dengan tenang sehingga dapat meringankan beban anak dan orangtua yang sudah tahun terakhir menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ)," katanya.

Baca Juga: Puan Maharani Soroti Hepatitis Akut, Pemerintah Imbau Masyarakat Jalankan Prokes Seperti Covid-19

Ia berharap agar pemulihan learning loss di kalangan pelajar dapat segera teratasi saat Indonesia sudah berada di masa endemi,” ujar Puan.

Menurutnya, masyarakat bisa melepas maskernya jika berada di ruang terbuka, tapi harus diingat untuk selalu waspada dan menerapkan protokol kesehatan

Sementara itu, juru bicara Kementerian Kesehatan, dr. Mohammad Syahril menjelaskan mski sudah diumumkan pelonggaran itu maka tetap akan ada kewajiban-kewajiban yang harus kita pahami dan waspadai, pelonggaran itu diikuti dengan kewajiban.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran PMK, Puan Maharani Minta Pemerintah Gercep Untuk Kelancaran Pasokan Daging Saat Idul Adh

"Kewajibannya antara lain menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat serta pelonggaran boleh melepas masker hanya berlaku pada ruang terbuka yang tidak padat orang tapi jika berada di ruang tertutup, transportasi publik, dan bagi yang sedang sakit juga golongan masyarakat rentan, masih perlu memakai masker," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X