Indo Survei: Anies Baswedan Berpotensi Menang Pilpres 2024 jika Tandem dengan 2 Sosok Ini

- Jumat, 20 Mei 2022 | 12:29 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

HARIAN HALUAN - Sebuah survei dirilis Indo Survei yang menilai Anies Baswedan berpotensi memenangkan pemilu Presiden 2024. Dimana dilakukan simulasi 1096 responden pada periode 11-17 April 2022.

Peneliti Indo Riset Roki Arbi mengatakan Anies berpeluang menang jika dipasangkan dengan dua sosok kandidat paling kuat. Adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) atau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Di dalam beberapa simulasi pasangan calon ditemukan bahwa faktor pasangan cawapres akan mempengaruhi preferensi pemilih dalam pilpres," kata Roki seperti dikutip Harian Haluan dari Pikiran Rakyat, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Anies Baswedan: Wali Kota Berlin Kagumi Aplikasi SuperApp JAKI

Dalam survei tersebut, ada tiga lapisan elektabilitas kandidat dengan dua nama calon presiden Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, yang memiliki elektabilitas di atas 15 persen.

Tiga tokoh dengan elektabilitas 4 hingga 10 persen sebagai cawapres, yakni Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno.

Dalam simulasi melawan Ganjar-Erick Thohir, Roki mengungkapkan Anies diprediksi menang dengan perolehan suara 49,5 persen jika dipasangkan dengan Sandiaga Uno.

"Anies juga akan menang jika dipasangkan dengan Ridwan Kamil dengan 49,1 persen," ujarnya.

Kemudian, kemungkinan lain juga Anies-Sandiaga bisa menang melawan pasangan Ganjar-Ridwan. Pasalnya, suara pendukung Ridwan Kamil sendiri cukup signifikan dalam menyokong Gubernur DKI tersebut.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X