Kenalkan K2 pada Generasi Muda, PLN Berikan Sosialisasi di Sekolah

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:22 WIB
Dok PLN
Dok PLN

HARIANHALUAN - Tingkatkan pengetahuan generasi muda mengenai Keselamatan Ketenagalistrikan (K2), PLN UIW Sumbar lakukan sosialisasi tersebar di beberapa sekolah menengah di Sumatera Barat.

Pejabat Pengendali K3L PLN UIW Sumbar Misran Hasra menyebutkan, sosialisasi K2 penting mengingat listrik bukan hanya memiliki manfaat besar, tetapi juga berpotensi bahaya bila tidak berhati-hati.

Baca Juga: Dukung Digitalisasi Pendidikan, PLN Hadiahi Internet Pintar

‘’Arus atau tegangan listrik itu tidak tampak, tidak berbau, tidak berbunyi tetapi dapat dirasakan dan dapat menyebabkan kebakaran bahkan hingga kematian jika kita tidak menjaganya. Kami ingin masyarakat, mulai dari generasi muda tahu tentang dos and don’t dari kelistrikan," ungkap Misran kemudian.

Selasa, 17 Mei 2022 lalu, PLN adakan sosialisasi K2 di SMA Negeri 1 Solok Selatan. Bertempat di aula sekolah, sosialisasi dihadiri oleh sekitar 75 siswa serta para pengajar.

Baca Juga: Anjangsana Kelistrikan, Persembahan PLN UIW Sumbar untuk Guru Terbaik

Pratama Afrideni, Pejabat K3 PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muara Labuh yang hadir sebagai pemateri sosialisasi mengatakan, PLN memiliki tanggung jawab dan kewenangan pada jaringan listrik hingga sambungan rumah (SR) dan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) atau meteran pelanggaan.

Sementara itu, instalasi di dalam bangunan dan seluruh perangkat listrik di dalam rumah menjadi tanggung jawab pelanggan sendiri.

‘’Maka kita perlu memeriksa instalasi secara berkala dan menghindari pemakaian listrik yang berbahaya, seperti stop kontak yang menumpuk atau memegang aliran listrik saat tangan sedang basah. Karena dampak dapat membahayakan dan merugikan kita sendiri,’’ lanjut Pratama.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X