DPR dan Pemerintah Diharapkan Tambah Alokasi Perlindungan Sosial, Ini Kata Puan Maharani

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:19 WIB
Bersyukur UU TPKS Resmi Diundangkan, Puan Maharani Desak Pemerintah Terbitkan Peraturan Turunan
Bersyukur UU TPKS Resmi Diundangkan, Puan Maharani Desak Pemerintah Terbitkan Peraturan Turunan

HARIAN HALUAN - Ketua DPR-RI Puan-Maharani">Puan Maharani mengatakan DPR berkomitmen untuk mengawal pembahasan anggaran negara agar dikelola untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 

Namun, menurut Direktur CELIOS (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira meminta tambah alokasi perlindungan sosial.

Tahun depan, tekanan ekonomi akan jauh lebih kompleks, misalnya adanya kenaikan tingkat suku bunga, sektor-sektor yang belum pulih akibat pandemi, dan terbatasnya lapangan pekerjaan sehingga dengan tekanan seperti ini, pemerintah diminta bijak dalam mengelola anggaran. 

Baca Juga: Puan Maharani Sebut RAPBN 2023 Dirancang Untuk Percepat Pemulihan Ekonomi dan Melindungi Daya Beli Masyarakat

“Dibanding fokus pada pembangunan IKN, lebih baik menambah anggaran perlindungan sosial. Apalagi indonesia ini salah satu negara di ASEAN yang anggaran perlindungan sosial terhadap PDB relatif kecil,” kata Bhima.

Pemerintah pada tahun depan sumbangsih APBN untuk dana perlindungan sosial (Parlinsos) tahun depan maksimal sebesar Rp349 triliun dan angka itu turun dari alokasi anggaran tahun ini yang sebesar Rp427,5 triliun.

“Tentunya melihat dari inflasi makro RAPBN 2023 inflasi masih berkisar 4%, tentunya tahun depan masih ada tekanan stabilitas harga pangan dan energi juga asumsi minyak mentah 80-100 dollar per barrel artinya masih ada resiko tekanan daya beli bagi masyarakat menengah bawah, dan ini harusnya ini direspon dengan penambahan dari anggaran perlindungan sosial,” kata Bhima, Jumat 20 Mei 2022.

Baca Juga: Puan Maharani Apresiasi Kebijakan Pemerintah, Epidemiolog: Pelonggaran Harus Tetap Diikuti Kewajiban Prokes

Sebelumnya, Puan-Maharani">Puan Maharani menjelaskan DPR berkomitmen untuk mengawal pembahasan anggaran negara agar dikelola untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X