Harkitnas 2022, Puan Maharani Kobarkan Semangat Gotong Royong Bangkit dari Covid-19

- Jumat, 20 Mei 2022 | 17:55 WIB
Puan Maharani meminta pemerintah tetap mengalokasikan dana subsidi bagi warga miskin pada Rancangan APBN 2023.
Puan Maharani meminta pemerintah tetap mengalokasikan dana subsidi bagi warga miskin pada Rancangan APBN 2023.

HARIAN HALUAN - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat gotong royong dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada Jumat, 20 Mei 2022.

Puan meyakini, Indonesia mampu segera bangkit dari pandemi Covid-19 jika bersatu dalam semangat gotong royong antar elemen bangsa.

“Mari kita bersama meresapi makna Hari Kebangkitan Nasional dengan terus memperkokoh semangat gotong royong dalam membangun bangsa dan negara. Peringatan Harkitnas harus menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk segera bangkit dari Covid-19,” kata Puan.

Baca Juga: Puan Maharani Sebut RAPBN 2023 Dirancang Untuk Percepat Pemulihan Ekonomi dan Melindungi Daya Beli Masyarakat 

Mengusung tema ‘Ayo Bangkit Bersama’, Puan menilai, jika dibandingkan dengan kondisi dua tahun silam, kerja sama seluruh anak bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 telah membuahkan hasil yang positif. Mengingat kini Indonesia sudah siap memasuki masa endemi.

“Pembatasan mobilitas masyarakat juga berdampak pada kesehatan mental sebagian masyarakat. Desakan kebutuhan hidup di tengah himpitan situasi ekonomi yang belum membaik, tak jarang menimbulkan konflik dan kekerasan di dalam keluarga. Saat ini, sektor industri, pertanian, pariwisata, hingga ekonomi kreatif mulai menunjukkan pergerakan ke arah yang positif,” ujarnya.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI itu meminta semua pihak tidak terbuai sekaligus tetap meningkatkan kewaspadaan. Berbagai kebijakan pemerintah, tegasnya, harus tetap mengedepankan unsur kehati-hatian termasuk pelonggaran penggunaan masker yang dinilai harus disikapi dengan bijaksana.

Pada peringatan Harkitnas ini, Puan turut mengajak seluruh putra-putri bangsa untuk selalu merawat semangat persatuan seperti yang digagas oleh perkumpulan Boedi Oetomo. Dengan begitu, cita-cita para pendiri bangsa agar Indonesia menjadi negara maju dapat terwujud.

Baca Juga: Puan Maharani Soroti Hepatitis Akut, Pemerintah Imbau Masyarakat Jalankan Prokes Seperti Covid-19

“Pada 20 Mei 1948, Bung Karno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia. Semangat nasionalisme itu yang harus selalu kita jaga dalam membangun bangsa dan negara sehingga Indonesia bisa menjadi hebat,” tutup Puan.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X