Gelar Diskusi Media Bersama Komnas HAM, Inilah 5 Kasus Dugaan Pelanggaran HAM Berat di Sumbar

- Jumat, 20 Mei 2022 | 20:22 WIB
Komnas HAM Perwakilan Sumbar Tangani 5 Kasus Dugaan Pelanggaran HAM Berat Sepanjang 2022 (Daffa)
Komnas HAM Perwakilan Sumbar Tangani 5 Kasus Dugaan Pelanggaran HAM Berat Sepanjang 2022 (Daffa)

HARIAN HALUAN - Sepanjang 2022, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM">Komnas HAM) Perwakilan Sumatera Barat tangani 5 kasus dugaan pelanggaran HAM berat.

Kepala HAM">Komnas HAM Sumbar Sulthanul Arifin, 2 dari 5 dugaan pelanggaran HAM berat tersebut yakni dugaan kasus extrajudicial killing (pembunuhan di luar peradilan) pada kematian tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapsas) Lubuk Basung dengan korban Syafrizal alias Poron dan di Markas Komando (Mako) Kepolisian Resort (Polres) Agam dengan korban Ganti Akmal.

"Kita sudah menerima surat dari Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Sumbar yang sebelumnya kita sudah coba klarifikasi, bagaimana runut dua persoalan itu," kata Sulthanul Arifin pada HarianHaluan.com dalam kegiatan diskusi dengan media di Kantor HAM">Komnas HAM Sumbar, Kamis, 19 Mei 2022 kemarin.

Baca Juga: Jaksa Agung Larang Terdakwa Pakai Atribut Agama di Persidangan, Komisioner Komnas HAM: Jelaskan Pengaruhnya

Ia menjelaskan bahwa hal tersebut sudah dijawab oleh Polda Sumbar dan sedang dilakukan pemeriksaan serta proses hukumnya sedang ditindak lanjuti dan itu yang kita tunggu, mari kita awasi bersama semoga pekerjaan Polda bisa berhasil sesuai yang diharapkan," katanya.

Sebagai informasi, Syafrizal alias Poron yang merupakan narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan IIB Lubuk Basung ditangkap kembali oleh Kepolisian Resort Agam pada tanggal 9 Januari 2022, lalu dipulangkan ke rumah keluarga pada 10 Januari 2022 dalam keadaan meninggal dunia.

Sedangkan jenazah Ganti Akmal dipulangkan oleh Polres Agam pada 9 Maret 2022 sekira pukul 22.00 WIB ke rumah keluarga dengan keadaan muka dipenuhi luka lebam, hidung dan telinga mengeluarkan darah, kepala bagian belakang sudah melunak, pergelangan tangan kanan patah dan beberapa luka gores ditubuh lain.

Baca Juga: Komisioner Komnas HAM Pertanyakan Alasan Jaksa Agung Larang Terdakwa Pakai Atribut Agama di Persidangan

Kepala HAM">Komnas HAM Sumbar menambahkan dalam kematian dua tahanan tersebut, terdapat dugaan penganiayaan dan pembunuhan, dimana saat ini pihaknya masih menunggu proses hukum yang berlangsung.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X