Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Kembali Ingat Tiga Cita-cita Dr. Soetomo.

- Jumat, 20 Mei 2022 | 21:01 WIB
Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Kembali Ingat Tiga Cita-cita Dr. Soetomo.
Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Gubernur Kembali Ingat Tiga Cita-cita Dr. Soetomo.

HARIAN HALUAN - Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, di halaman Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Jumat, 20 Mei 2022.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Gubernur Buya Mahyeldi, menyampaikan tiga cita-cita kebangkitan nasional yang dipegang erat oleh organisasi pergerakan nasional, yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa, yaitu Budi Utomo. 

"Tiga cita-cita yang dipegang erat demi kebangkitan nasional tersebut, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia," tuturnya. 

Baca Juga: Atasi Wabah PMK, Gubernur Mahyeldi Instruksikan Pembentukan Unit Respon Cepat

Gubernur juga mengajak untuk memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 

"Momentum Hari Kebangkitan Nasional ini, saya mengajak semua stakeholder pemerintah provinsi untuk secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat sinergi dan kerjasama dengan pemerintah pusat melalui gotong royong," ungkapnya. 

Ia menyebutkan, semangat peringatan Harkitnas menjadi tonggak guna menyamakan gerak langkah memperkuat merajut kebersamaan dan memperkuat gotong royong untuk bersama-sama memajukan negeri.

Baca Juga: TPSM Dianggap Menganggu Roda Birokrasi Pemprov, M. Zuhrizul : Coba Sebutkan OPD Mana

"Pesan dari Harkitnas pada hari ini ialah, bagaimana sinergi dan kolaborasi kerjasama dan kesatuan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus terbangun lebih kuat, hal tersebut mesti dirawat, karena di dalamnya ada nilai-nilai etika pemerintahan, kemudian peraturan yang ada harus kita taati," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X