Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-144, Sumbar Luncurkan Core Value ASN BerAKHLAK

- Jumat, 20 Mei 2022 | 21:09 WIB
Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-144, Sumbar Luncurkan Core Value ASN BerAKHLAK
Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-144, Sumbar Luncurkan Core Value ASN BerAKHLAK

HARIAN HALUAN - Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-144, Jum'at 20 Mei 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK dan employer branding "ASN Bangga Melayani Bangsa" yang dihadiri seluruh Bupati dan Walikota secara luring maupun daring di Kompleks Gubernuran, Padang, Jumat, 20 Mei 2022. 

ASN BerAKHLAK merupakan akronim dari "Aparatur Sipil Negara Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif" sebagai fondasi baru bagi aparatur sipil negara. Digagas oleh Kemenpan-RB bekerjasama dengan Kemendagri, penerapan cores value ini bertujuan untuk mewujudkan ASN yang professional dan berbudaya melayani.

Diluncurkan secara resmi di lingkup pemerintahan Sumatera Barat oleh Gubernur, Buya Mahyeldi mengatakan disamping akronim dari Kemenpan-RB, berakhkak juga memiliki makna yang merepresentasikan hubungan antara makhluk dengan Khalik.

Baca Juga: Tata Ulang Kawasan Fly Over Penghubung BIM, Audy Joinaldi: Ini Jadi Perhatian Khusus

"Nilai-nilai dasar berakhkak, sebagaimana didefinisikan oleh Kemenpan-RB akan terbentuk ketika kita bekerja dengan baik untuk sang Khalik, Allah SWT," ujar Buya Mahyeldi.

Buya menjelaskan, dalam pembukaan Undang-undang Dasar juga dibunyikan, bahwasanya kemerdekaan adalah berkat rahmat Allah yang Maha kuasa, yang kemudian diformulasikan dalam Pancasila pada Sila pertama, yaitu ketuhanan yang maha esa.

"Demikian juga dengan pasal-pasal yang terdapat dalam UUD, oleh sebab itu berakhkak yang dimaksud akan betul-betul terimplementasi secara baik jika hubungan kita dengan sang Khalik terjaga dengan baik," lanjut Buya.

Baca Juga: TPSM Dianggap Menganggu Roda Birokrasi Pemprov, M. Zuhrizul : Coba Sebutkan OPD Mana

Lebih lanjut Ia berharap, dengan diluncurkannya cores value ASN BerAKHLAK di Provinsi Sumatera Barat, ASN betul-betul dapat melayani bangsa dengan akuntabel, bisa dipertanggungjawabkan dan bisa pula dipertanggung gugatkan.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X