BKSDA Sumbar Tangani 25 Konflik Manusia dengan Satwa Sepanjang 2022

- Minggu, 22 Mei 2022 | 21:35 WIB
Ilustrasi- Buaya. (Wikipedia)
Ilustrasi- Buaya. (Wikipedia)

HARIAN HALUAN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat telah menangani 25 konflik satwa dengan manusia sepanjang tahun 2022 di Sumatera Barat.

Berdasarkan data yang dihimpun dari data resor dan media sosial BKSDA Sumbar yang diterima HarianHaluan.com pada Minggu, 22 Mei 2022, BKSDA Sumbar menangani 2 hingga 10 konflil satwa dalam setiap bulan.

Lebih rinci, pada Januari 2022 BKSDA Sumbar telah menangani konflik manusia dengan harimau di Jorong Kayu Pasak Timur Nagari Salareh Aie Kecamatan Palembayan, Agam dan konflik manusia dengan beruang di Jorong Sungai Kapur, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Solok Selatan.

Baca Juga: Temuan Beruang Madu di Limapuluh Kota Tidak Masuk Pemukiman, Warga Diimbau Waspada! 

Kemudian pada Februari 2022, BKSDA menangani 6 konflik manusia dengan satwa, antara lain konflik harimau dengan manusia di Jorong Botung Busuk, Nagari Muara Tais, Kecamatan Mapat Tunggul, Pasaman; konflik manusia dengan beruang di Jorong II Koto Panjang, Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan, Pasaman.

Dan konflik manusia dengan harimau di Jorong Tanjung Durian, Nagari Padang Limau Sundai, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan.

Lalu konflik manusia dengan buaya di Nagari sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Pasaman Barat; konflik manusia dengan siamang di Nagari Ujung Gading, Pasaman Barat; dan konflik manusia dengan harimau di Nagari Muara Tais, Kecamatan Mapat Tunggul, Pasaman.

Baca Juga: Buaya Mulai Sering Keluar Habitat Utamanya, Ini Alasannya Kata Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono

Satu orang cedera hingga harus diobati di puskesmas dalam konflik manusia dengan siamang di Nagari Ujung Gading, Padaman Barat. Penanganan konflik tersebut dilaksanakan BKSDA Sumbar pada 19 Februari 2022.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X