Tanggapi Indeks Kota Toleran, Pelita Padang: Jadi Pelajaran Saja

- Senin, 23 Mei 2022 | 10:57 WIB
Tanggapi Indeks Kota Toleran, Pelita Padang: Jadi Pelajaran Saja
Tanggapi Indeks Kota Toleran, Pelita Padang: Jadi Pelajaran Saja

HARIAN HALUAN - Menanggapi hasil survei kota toleran dari Setara Institute, Pemuda Lintas Agama (Pelita) Kota Padang sebut sebaiknya ditanggapi layaknya hasil survei, riset, atau kajian pada umumnya.

Sebelumnya, hasil survei Setara Institute sempat menuai kehebohan di Sumbar pada beberapa waktu silam karena menempatkan 3 kota di Sumatera Barat yaitu Padang, Pariaman, dan Padang Panjang ke jajaran kota dengan peringkat toleransi yang rendah.

Ketua Pelita Angelique Maria Cuaca, hasil survei itu harusnya dimaknai sebagai perenungan, bahan refleksi dan evaluasi bagi banyak pihak khususnya pengambil kebijakan agar tata kelola kota semakin baik dalam menjaga keberagaman.

Baca Juga: Taati Nasehat Ulama, Wako Hendri Septa Fokus Kerja Membangun Padang

"Ya, hasil riset tersebut mestinya dibedah secara mendalam dan jadi pembelajaran bagi banyak pihak, jadi tidak perlu ditanggapi dengan kemarahan," katanya 

Menurutnya, kalau tidak setuju dengan hasil riset SETARA, sebaiknya bisa disanggah dengan riset.

"Bagi kami di Pelita Padang, hasil riset SETARA menjadi pengetahuan untuk terus semangat meningkatkan kekompakan masyarakat lintas agama di Padang," ujarnya.

Baca Juga: Sembunyikan Belasan Paket Sabu di Rumah Mertua, Seorang Pria Ditangkap Tim Rajawali Polresta Padang

Ia menjelaskan setuju atau tidak dengan survei itu bukanlah hal yang paling penting, dikatakannya lebih baik mempelajari apa saja hal yang perlu ditingkatkan di Sumbar dalam menjaga kedamaian kehidupan umat beragama.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X