Selamat! Tim Indonesia Berhasil Finish di Peringkat Ketiga Sea Games Vietnam, Menpora: Sesuai Harapan Presiden

- Senin, 23 Mei 2022 | 13:40 WIB
Perolehan Medali Indonesia Sea Games 2021 Vietnam
Perolehan Medali Indonesia Sea Games 2021 Vietnam

Jakarta, HarianHaluan.com – Kontingen Indonesia berhasil mengakhiri gelaran Sea Games Vietnam 2021 dengan meraih posisi tiga besar dalam klasemen perolehan medali Sea Games Vietnam 2021.

Seperti yang diketahui, Indonesia berhasil meraih posisi ketiga perolehan medali dengan 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu, dengan total 242 medali.

Menanggapi hal ini, Menpora Zainudin Amali menilai raihan para kontingen Indonesia ini telah memenuhi harapan karena berhasil masuk tiga besar.

Baca Juga: Sejarah! Timnas Basket Indonesia Berhasil Rebut Emas Sea Games Setelah 31 Tahun Dikuasai Filipina

“Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Zainudin Amali, saat silatuhim bersama awak media di Hotel Intercontinental, Minggu(22/5/2022) malam.

Raihan prestasi ini membuat kontingen Indonesia, mampu memenuhi harapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menginginkan perbaiki peringkat dari Manila 2019 diposisi keempat menjadi ketiga di Sea Games Hanoi, Vietnam.

Sebelumnya, Presiden Jokowi saat melepas kontingen Indonesia untuk Sea Games sempat berharap bahwa Indonesia bisa meraih hasil maksimal dan lebih baik dari Sea Games Manila yang hanya duduk di peringkat keempat.

Baca Juga: Tim PUBG Mobile Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2021

“Dan di 2019 kemarin di Filipina kita masuk di peringkat keempat. Kali ini kita semua ingin agar SEA Games ke-31 di Vietnam kita bisa masuk ke ranking yang ketiga yang kedua atau yang kesatu," ungkap Jokowi.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X