Peringati Hari Penyu Sedunia, Wagub Audy Joinaldy Lepas Sebanyak 230 Anak Penyu ke Pantai

- Selasa, 24 Mei 2022 | 12:26 WIB
Peringati Hari Penyu Sedunia, Wagub Audy Joinaldy Rilis Sebanyak 230 Anak Penyu ke Pantai
Peringati Hari Penyu Sedunia, Wagub Audy Joinaldy Rilis Sebanyak 230 Anak Penyu ke Pantai

HARIAN HALUAN - Dalam rangka memperingati Hari Penyu Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2022, Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy-Joinaldy">Audy Joinaldy melepas 230 ekor anak penyu di Pulau Kabak Ketek Taman Perairan Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) di Wilayah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, 23 Mei 2022. 

Dalam acara itu, Audy didampingi langsung oleh Kepala Dinas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Desniarti beserta staf UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan.

Diketahui, terdapat tiga spesies anak penyu yang dirilis oleh Wagub ke Pulau Karabak Ketek dengan menggunakan Jetski dari KKPD Padang.

Baca Juga: TPSM Dianggap Menganggu Roda Birokrasi Pemprov, M. Zuhrizul : Coba Sebutkan OPD Mana

Ketiga jenis penyu tersebut adalah Penyu Sisik, Penyu Hijau dan Penyu Lekang yang merupakan hasil penangkaran UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Sumbar, Instalasi KKPD Pesisir Selatan yang berada di Pulau Karabak Ketek Pesisir Selatan.  

Pada kesempatan memperingati hari penyu itu, Audy menghimbau masyarakat untuk turut berkontribusi dalam pelestarian penyu dengan mengusung tagline 'Mari Selamatkan Penyu' dengan tidak mengkonsumsi telur dan daging penyu, serta tidak memperdagangkan penyu itu sendiri.

Selain itu, Wagub meminta untuk seluruh lapisan masyarakat ikut andil untuk melestarikan penyu guna menjaga keseimbangan ekosistem laut, meningkatkan sumberdaya kelautan, dan perikanan serta meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Baca Juga: Tata Ulang Kawasan Fly Over Penghubung BIM, Audy Joinaldi: Ini Jadi Perhatian Khusus

"Mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kami mengucapkan Selamat Hari Penyu Sedunia. Mari kita semua untuk ikut menjaga dan melestarikan penyu yang ada di alam Sumatera Barat agar anak dan cucu kita dapat menikmati keindahan alam serta melihat penyu di habitat alaminya," tutur Wagub.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X