Dinas Pertanian dan Polres Agam Bersinergi Cegah Penyebaran Wabah PMK

- Selasa, 24 Mei 2022 | 13:49 WIB
Kepolisian Resor Agam saat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian setempat membangun sinergitas dalam penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. (AMC News)
Kepolisian Resor Agam saat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian setempat membangun sinergitas dalam penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. (AMC News)

HARIAN HALUAN - Kepolisian Resor Agam bersama Dinas Pertanian setempat membangun sinergitas dalam penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Senin 23 Mei 2022.

Tahap awal, kedua instansi ini menjalin koordinasi melalui Kasat Binmas Polres Agam, IPTU Azwir Yani bersama personil dengan Kabid Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, drh. Farid Muslim, M.Si beserta staf.

Dalam koordinasi itu, drh. Farid membahas tentang rencana pembentukan team gugus tugas penanganan wabah Virus PMK di Kab. Agam sesuai dengan kewenangan masing – masing dengan melibatkan pakar akademisi dan instansi terkait.

Baca Juga: Cegah Pelecehan Seksual dan Pengaru Narkoba, TP-PKK Agam Rangkul Siswa SMP

Sedangkan Polres Agam juga siap membantu Dinas Pertanian Kab. Agam untuk melakukan upaya – upaya pencegahan guna memutus mata rantai penyebaran Virus PMK.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), drh. Farid menyampaikan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) perlu diketahui, bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus, yakni dari golongan virus RNA famili Picornaviridae, genus Aphtovirus.

“Selain itu gejala klinis pada hewan rentan PMK diantanya demam tinggi mencapai 41°C, keluar lendir dan busa dari mulut, sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak nafsu makan, menurunnya produksi susu pada sapi perah dan luka pada kuku yang akan berakhir lepas,” katanya.

Baca Juga: Pengendara Bawah Umur Terlibat Kecelakaan Maut di Lubuk Basung Agam

Hewan rentan PMK sambungnya, yakni hewan berkuku belah diantaranya sapi, kambing, domba, kerbau dan babi.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X