Selain Pakai Kamera ETLE, Kini Polisi Juga Bisa Tilang Lewat Jepretan Kamera HP

- Selasa, 24 Mei 2022 | 14:14 WIB
Tilang elektronik ETLE mobile (Tangkap layar YouTube NTMC Polri)
Tilang elektronik ETLE mobile (Tangkap layar YouTube NTMC Polri)



HARIAN HALUAN - Polisi belakangan ini terbantu dalam memberikan sanksi tilang kepada pengendara yang melanggar dengan adanya kamera ETLE.

Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE merupakan skema tilang berbasis kamera yang diletakkan di beberapa titik jalan raya.

Namun kali ini, kepolisian kembali berinovasi dengan menerapkan tilang dengan menggunakan kamera ponsel atau handphone.

Dengan adanya ETLE mobile ini, pelanggar lalu lintas di area yang tak terdapat kamera ETLE statis juga dapat ditilang.

Polisi nantinya akan berpatroli dan memotret pelanggar lalu lintas menggunakan handphone yang terhubung dengan aplikasi Mobile Sigap dan Go Sigap.

Saat ini, mekanisme tilang ETLE mobile diterapkan oleh Ditlantas Polda Jawa Tengah.

Polda Jateng sudah memiliki 350 unit kamera ETLE mobile yang tersebar di 35 Polres.

“Mekanismenya seperti ini, ketika personel petugas Polantas sedang berpatroli berboncengan dengan sepeda motor, petugas yang di belakang melakukan hunting pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan alat khusus mobile go-sigap ini,” ucap Kasigar Subdit Gakum Ditlantas Polda Jawa Tengah, Kompol Muhammad Adiel Aristo dalam keterangannya pada Senin, 23 Mei 2022. 

“Kemudian petugas di lapangan, ketika memfoto pelanggaran, secara otomatis foto atau gambar tersebut langsung terkirim ke back office atau admin yang berada di kantor Ditlantas Polda Jawa Tengah,” katanya menambahkan.

Jenis pelanggaran yang bisa ditindak oleh ETLE mobile ini yaitunya pelanggaran yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, tidak menggunakan spion, nomor polisi atau TNKB tidak sesuai aturan, dan pelanggaran kasat mata lainnya.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X