Dukung Pembangunan Daerah, PLN Sambangi Bappeda Sumbar

- Selasa, 24 Mei 2022 | 16:06 WIB
Dukung Pembangunan Daerah, PLN Sambangi Bappeda Sumbar
Dukung Pembangunan Daerah, PLN Sambangi Bappeda Sumbar

HARIAN HALUAN - Manajemen PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar sambangi ruang kerja Kepala Bappeda Provinsi Sumbar Medi Iswandi, sore kemaren 23 Mei 2022. Selain jalin silaturahmi, kunjungan ini guna menyampaikan kesiapan PLN mendukung rencana-rencana pembangunan daerah.

Hadir pada kunjungan ini General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo, Senior Manager Perencanaan Dicky Hiwardi, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan Nova Sagita, Kepala Bidang Sumber Daya Energi Dinas ESDM Provinsi Sumbar Helmi Heriyanto, serta Manger Komunikasi dan TJSL PLN UIW Sumbar Yenti Elfina.

General Manager Toni Wahyu Wibowo menyampaikan kepada pimpinan Bappeda bahwa suplai pasokan listrik di Sumbar saat ini sangat besar. PLN pun telah mengupayakan jaringan yang stabil dan andal. Dengan begitu, PLN siap untuk demand pembangunan kelistrikan dari investor-investor pendatang dalam jumlah besar. 

Baca Juga: Manfaatkan Layanan, Ratusan Siswa dan Guru SMA 1 Air Pura Install PLN Mobile

‘’Total kapasitas pembangkit Sumbar adalah 778,92 MW. Pada saat beban puncak, maksimal terpakai hingga 597,10 MW. Artinya masih ada kelebihan suplai listrik sebesar 181,82 MW atau surplus sebesar 23,34%. Dengan surplus pasokan listrik yang besar ini, PLN siap mendukung pembangunan daerah di Sumbar,’’ ungkap Toni.

Medi Iswandi lantas menginformasikan bahwa Sumbar memang memiliki beberapa Rencana Jangka Panjang (RJP) dalam bidang pembangunan daerah. ‘’Sumbar akan melakukan pembangunan jangka besar 2 hingga beberapa tahun ke depan. Baik pembangunan bidang pariwisata, perhubungan, hingga bisnis. Kita terus menjalin komunikasi terbuka dengan investor untuk mendukung percepatan pembagunan di Sumbar,’’ ungkapnya.

Selain Tol Sumatera yang diupayakan akan segera berlanjut, disampaikan Medi, Sumbar akan memulai pembangunan besar pada beberapa pusat pariwisata seperti Solok hingga Pessel. Selain itu akan ada Pembangunan pusat bisnis baru di bagian utara Sumbar. Medi berharap kesiagaan PLN untuk mendukung rencana pembangunan-pembangunan tersebut.

Nova Sagita berharap, Bappeda dapat menjadi perpanjangan informasi dari PLN untuk menyampaikan kepada investor agar memakai sumber energi dari PLN sejak kesempatan pertama.

"Mohon Kerjasama Bapak untuk menghimbau pelaku pembangunan nanti agar langsung menggunakan PLN, baik pada proses awal pembangunan dan tentu saja hingga nanti bangunan sudah membutuhkan penerangan,’’ lanjut Nova.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X