Tersangka Korupsi Pengadaan APD di Payakumbuh Bertambah, Pengacara Terdakwa: Pengadaan Sesuai Perintah Satgas

- Selasa, 24 Mei 2022 | 17:47 WIB
Tersangka Korupsi Pengadaan APD di Payakumbuh Bertambah, Pengacara Terdakwa: Pengadaan Sesuai Perintah Satgas Covid
Tersangka Korupsi Pengadaan APD di Payakumbuh Bertambah, Pengacara Terdakwa: Pengadaan Sesuai Perintah Satgas Covid

HARIAN HALUAN - Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh menetapkan 6 tersangka baru setelah 5 bulan ditetapkannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh sebagai tersangka dalam dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) tahun anggaran 2020.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, keenam tersangka tersebut merupakan hasil pengembangan dalam penyidikan perkara yang dilakukan secara maraton.

Terkait penetapan 6 tersangka baru dalam kasus yang menjerat Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Payakumbuh Dr. Bakhrizal, penasihat hukum Dr. Bakhrizal menyampaikan pendapatnya kepada HarianHaluan.com.

Baca Juga: Kejari Payakumbuh Tetapkan 6 Tersangka Baru Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan APD

"Legal opinion (pendapat hukum, red.) saya, berdasarkan proses penetapan 6 orang tersangka yang sebelumnya merupakan saksi yang ditetapkan oleh jaksa seolah menunjukkan ada korupsi yang dilakukan. Padahal berdasarkan analisa hukum atas tuntutan jaksa, tuduhannya adalah pengadaan barang fiktif," ujarnya, Selasa 24 Mei 2022.

Sementara itu, ia membantah tudingan pengadaan barang fiktif oleh kliennya, Dr. Bakhrizal.

"Akan tetapi, pengadaan barang terlebih dahulu sebelum kontrak dilaksanakan adalah sah menurut peraturan yang berlaku, terutama dalam kondiai darurat," kata pengacara tersebut.

Baca Juga: Sidang Dugaan Korupsi Pengadaan APD Dinkes Payakumbuh, Inilah Penjelasan PPATK RSUD Adnan WD di Persidangan

Langkah tersebut menurutnya didukung oleh peraturan yang berlaku, antara lain Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik Indonesia nomor 3 Tahun 2018.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X