Aturan Baru Kemendagri Nama di KTP Minimal 2 Kata, Bagaimana Nasib Pemilik Nama yang Hanya 1 Kata?

- Rabu, 25 Mei 2022 | 12:23 WIB
Ilustrasi KTP (Foto: dokumen Pikiran Rakyat)
Ilustrasi KTP (Foto: dokumen Pikiran Rakyat)

Jakarta, HarianHaluan.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru saja mengeluarkan aturan terkait syarat pembuatan nama untuk pencatatan dokumen kependudukan.

Seperti yang diketahui, aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama Pada Dokumen Kependudukan.

Salah satu poin menarik dalam aturan tersebut adalah syarat nama harus terdiri dari minimal dua kata, sebagaimana dituliskan dalam Pasal 4 ayat (2) poin C Permendagri tersebut.

"Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan dengan memenuhi persyaratan jumlah kata paling sedikit dua kata," demikian bunyi aturannya.

Baca Juga: Usai Kemendagri Buat Aturan Baru Ratusan Warga Surabaya Mendadak Ingin Ganti Nama, Kenapa?

Sebagai informasi, dokumen kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Disdukcapil kabupaten/kota yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti otentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Misalnya, kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El), akta kelahiran, dan sebagainya.

Imbas dari adanya peraturan terbaru tersebut publik pun ramai bertanya-tanya, lantas bagaimana nasib masyarakat yang saat ini hanya memiliki nama yang terdiri hanya dari 1 kata?

Terkait hal ini, pihak Kemendagri turut memberi penjelasan, mengutip pada Pasal 8 Permendagri 73/2022 yang diundangkan mulai 22 April 2022 itu tertulis:

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X