Populerkan Kembali Musik Tradisional, SPD Sampai Hati Bakal Bagamaik di Gelora Bung Karno

- Kamis, 26 Mei 2022 | 12:37 WIB
Ketua DPRD Sumbar Supardi dari Fraksi Partai Gerindra yang mendukung pengembangan seni tradisi Gamaik ini kembali digerakkan.
Ketua DPRD Sumbar Supardi dari Fraksi Partai Gerindra yang mendukung pengembangan seni tradisi Gamaik ini kembali digerakkan.

HARIAN HALUAN - Gamad yang merupakan salah satu jenis musik tradisional Minangkabau populer dimasanya, siap mengajak perantau Minang di Jakarta untuk kembali merasakan nuansa 'bagamaik' pada iven yang digelar Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jakarta Pusat di Gelor Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis 26 Mei 2022.

Tati, salah seorang musisi Minang yang akan tampil bersama SPD Sampai Hati mengatakan kesenian Gamaik tersebut sempat mati Suri.

Baca Juga: Ketua DPRD Sumbar Minta Pemerintah Serius Tangani NII, Supardi: Jangan Sampai Image Sumbar Jadi Sarang Teroris

Gamaik pernah sangat populer di Minang ini namun sempat juga mati suri dan baru belakangan ini gamaik kembali bergeliat serta cukup banyak grup gamaik yang bermunculan saat ini,” kata Tati yang akan tampil nanti malam bersama grup musik SPD Sampai Hati. 

 Ia menjelaskan bahwa Gamaik merupakan salah satu kekayaan budaya milik masyarakat Sumbar umumnya, khususnya Minang.

"Bersama musisi Minang lainnya, SPD Sampai Hati akan tampil di Gelora Bung Karno pada 26 dan 27 Mei dalam iven bertajuk Minangkabau di Tanah Rantau," katanya.

Baca Juga: Tanggapi Kritik Athari, Pemprov Sumbar Sebut Sudah Berkoordinasi dengan Maksimal Menjemput Anggaran

Menurutnya, iven tersebut telah digelar dari tanggal 23 Mei 2022 lalu hingga 29 Mei 2022 mendatang oleh Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Jakarta Pusat. 

"Selain akan memainkan tembang-tembang pop Minang, SPD Sampai Hati juga akan membawakan beberapa lagu gamaik di iven," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X