Bicara di Forum Pengurangan Risiko Bencana PBB, Puan Maharani Tekankan Seluruh Negara Bertindak Aksi Nyata

- Kamis, 26 Mei 2022 | 19:28 WIB
Bicara di Forum Pengurangan Risiko Bencana PBB, Puan Maharani Tekankan Seluruh Negara Bertindak
Bicara di Forum Pengurangan Risiko Bencana PBB, Puan Maharani Tekankan Seluruh Negara Bertindak

HARIAN HALUAN - Ketua DPR RI Puan-Maharani">Puan Maharani berbicara dalam The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Bali. Pada forum pengurangan risiko bencana PBB ini, Puan menekankan pentingnya seluruh bangsa untuk bertindak melakukan aksi nyata mengatasi masalah-masalah kebencanaan. 

“Pertemuan ini merupakan upaya kita bersama dalam membangun komitmen sebagai warga bangsa di bumi ini,” kata Puan dalam acara yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (26/5/2022).

Puan menyebut, komitmen antar bangsa dan negara sudah sering dilakukan dalam berbagai forum, kerja sama, dan pertemuan-pertemuan.

Baca Juga: Bertemu Presiden Majelis Umum PBB, Puan Maharani Bahas UU TPKS Untuk Perlindungan Perempuan

“Bahkan komitmen memajukan kepentingan bersama dan kerjasama telah dilakukan sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955,” ingatnya.

Menurut Puan, Pandemi Covid-19 telah menjadi wake up call akan pentingnya upaya dan kerja bersama dalam menghadapi masalah-masalah global. Ia menegaskan, diperlukan upaya bersama dalam menyelesaikan permasalahan global seperti kerentanan pangan, energi, air bersih  sanitasi, dan kelestarian alam.

“Persaingan ekonomi global dan perkembangan industri, telah menciptakan kesenjangan antar negara dalam mengeksploitasi alam, pemanfaatan teknologi eksploitasi dan jalannya pembangunan yang berkaitan dengan lingkungan hidup,” ujar Puan.

Baca Juga: Peneliti Sebut Revisi UU Cipta Kerja Mestinya Mereplikasi Keterbukaan UU TPKS, Ini Respon Puan Maharani

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini juga menyoroti kesenjangan capaian kemajuan antar-negara. Hal tersebut, kata Puan, membuat negara-negara di dunia memiliki sikap yang berbeda dalam mengeksploitasi alam sebagai sumber untuk pendapatan negara.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X