Ratusan CPNS Mendadak Mengundurkan Diri, BKN: Kaget Lihat Gaji Kecil

- Jumat, 27 Mei 2022 | 13:19 WIB
Pelaksaan tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung di masa pandemi, begini aturan yang dikeluarkan Satgas Covid-19. (Menpan)
Pelaksaan tes SKD CPNS 2021 yang berlangsung di masa pandemi, begini aturan yang dikeluarkan Satgas Covid-19. (Menpan)

Jakarta, HarianHaluan.com – Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah lolos seleksi diberitakan mengundurkan diri dari posisinya.

Menurut data resmi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan bahwa dari 112.514 orang yang dinyatakan lulus seleksi pegawai negeri sipil (CPNS) 2021, ada sekitar 105 orang di antaranya, memutuskan untuk mengundurkan diri.

Terkait hal ini, Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengungkapkan ada beberapa alasan peserta yang lolos CPNS 2021 memilih mengundurkan diri. Menurutnya, alasan terbesar mereka kebanyakan dari sisi besaran jumlah gaji dan juga lokasi penempatan.

Baca Juga: Tak Hanya CPNS, Ratusan PPPK Guru dan Puluhan PPPK Nonguru juga Mengundurkan Diri, Ini Sanksinya

"Memang sebenarnya macam-macam alasannya. Pertama itu mereka ternyata tidak tahu berapa jumlah gaji (mungkin gajinya tidak mencukupi).”

“Kedua, ada yang menyampaikan alasannya kalau mereka tidak lagi termotivasi, macam itu. Kebanyakan memang tentang gaji, ada juga yang lokasi. Mungkin ada yang penempatan lokasinya jauh," kata Satya saat dikutip dari detikcom, Kamis (26/5/2022).

Satya juga menambahkan bagi peserta yang melamar seleksi CPNS, seharusnya sudah mengetahui dan mengerti akan beberapa poin tersebut.

"Peserta yang lolos itu ketika sudah melamar, mereka seharusnya sudah tahu. Karena mereka sudah melamar di posisi spesifik itu. Jadi, si calon ASN ini sudah mengerti," tambahnya.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Serahkan SK CPNS dan PPPK, Mahyeldi: Berpedomanlah pada Perilaku BerAKHLAK

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Indonesia Raih Blue Park Awards

Sabtu, 2 Juli 2022 | 17:37 WIB
X