Lindungi Masyarakat, Bea Cukai Musnahkan Puluhan Ribu Barang Ilegal

- Rabu, 1 Juni 2022 | 13:04 WIB
Bea Cukai musnahkan rokok ilegal (beacukai.go.id)
Bea Cukai musnahkan rokok ilegal (beacukai.go.id)

Harian Haluan - Salah satu cara untuk memastikan barang-barang ilegal tidak disalahgunakan adalah dengan memusnahkannya. Kegiatan pemusnahan terhadap barang-barang ilegal yang berhasil diringkus oleh Bea Cukai merupakan salah satu bentuk perlindungan dan tanggung jawab pelaksanaan tugas kepada masyarakat.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana, mengungkapkan, “Barang-barang ilegal yang sering dimusnahkan oleh Bea Cukai antara lain narkotika, rokok dan miras ilegal, serta barang-barang lartas lainnya,” ungkap Hatta.

Pemusnahan narkotika jenis sabu dilakukan oleh Bea Cukai Parepare yang bekerja sama dengan Kepolisian Resort Kota Parepare. Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Bea Cukai Tegal.

Baca Juga: Bea Cukai Sidoarjo Gagalkan Dua Pengiriman Rokok Ilegal

BNN Jawa Tengah melaksanakan konferensi pers pemusnahan narkotika hasil penindakan di wilayah Jawa Tengah dengan barang bukti berupa sabu 100 gram, ganja 57.000 gram, dan 2 pot pil psikotropika hexymer yang disita di wilayah Semarang, Magelang, Banyumas dan Tegal.

Sementara itu, Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Timur bersama perwakilan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti penindakan yang telah berstatus sebagai barang milik negara (BMN). Barang bukti berupa barang kena cukai (BKC).

Baca Juga: Bea Cukai Kembali Gagalkan Peredaran Ratusan Ribu Rokok Ilegal di Ruas Tol Trans-Jawa

Barang-barang tersebut merupakan hasil penindakan yang dilakukan oleh BC Kalbagtim selama periode tahun 2021 dan 2022. Modus pelanggaran yang didapati adalah rokok dilekati pita cukai tidak sesuai dengan ketentuan.

Menjalankan usaha legal adalah hal yang mudah serta menjadi bukti kecintaan terhadap negara. Diharapkan penindakan-penindakan tersebut akan dapat menyadarkan masyarakat untuk mendukung Bea Cukai dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal.

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: Bea Cukai RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X