Hadapi Tantangan, BPIP Ajak Masyarakat Praktikan Ideologi Pancasila

- Rabu, 1 Juni 2022 | 17:36 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi  (Dok BPIP)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi (Dok BPIP)


Harian Haluan - Melihat tantangan bangsa saat ini, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menyebut perlu mempraktikkan ideologi bangsa secara konkret dalam menghadapi perkembangan teknologi, ketegangan politik, perubahan iklim hingga mutasi berbagai penyakit. 

"Di luar kita hari ini terhadap derasnya perkembangan teknologi informasi, ketegangan politik global, perubahan iklim, dan mutasi berbagai penyakit seperti halnya COVID-19 yang sekarang sudah tertangani," ujar Yudian yang dikutip dari di YouTube Sekretariat Presiden. 

Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi bangsa memberikan kerangka nilai yang berorientasi pada persatuan nasional, tata kelola yang baik, dan kemaslahatan publik. Kelahiran Pancasila sebagai ideologi negara merupakan pijakan awal bagi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

"Kebulatan tekad menyatukan pandangan hidup seluruh elemen bangsa, memberikan keyakinan bahwa perbedaan merupakan keniscayaan lahiriah, bahkan rahmat dari Tuhan," tambahnya. 

Saat ini, Yudian menilai ideologi pancasila telah membuat bangsa Indonesia hidup saling menghormati dan menyayangi. 

"Perilaku ini adalah bukti bahwa bangsa Indonesia adalah bagian dari sejarah masa depan umat manusia yang akan terus mewariskan keluhuran jiwa sebagai rasa syukur kita pada lima konsensus, yaitu ketuhanan, keagamaan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial,” pungkasnya. 

Lebih lanjut dirinya berkelakar, bahwa kemerdekaan telah memberi kenikmatan bagi bangsa Indonesia. 

"Indonesia tetap harus memiliki kebesaran jiwa, mampu memandang ke dalam sebagai kesatuan, dan mampu memandang ke luar tentunya juga sebagai kesatuan," katanya.

Pihaknya pun mengajak seluruh masyarakat di Tanah Air dalam menyelesaikan segala tantangan yang ada. 

Halaman:

Editor: Adhi Widharta

Sumber: BPIP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TNI AD Tingkatkan Ketahanan Pangan Bersama Kepala BPIP

Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:22 WIB

Delapan Tips Beli Kandang Peliharaan Agar Tetap Sehat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:42 WIB
X