Gubernur Resmikan Samsat Wisata dan Samsat Terminal dalam Rangka Menumbuhkan Minat Masyarakat Taat Pajak

- Minggu, 5 Juni 2022 | 00:19 WIB
Gubernur Sumbar  Secara Resmi Meluncurkan Samsat Wisata dan Samsat Terminal serta Penyerahan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Provinsi Triwulan I Tahun 2022 di Halaman Pelataran Jam Gadang Bukittinggi
Gubernur Sumbar Secara Resmi Meluncurkan Samsat Wisata dan Samsat Terminal serta Penyerahan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Provinsi Triwulan I Tahun 2022 di Halaman Pelataran Jam Gadang Bukittinggi

HARIAN HALUAN - Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat taat pajak dan mendukung elektronifikasi transaksi Pajak Kendaraan Bermotor, Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi resmi melaunching Samsat Wisata dan Samsat Terminal serta Penyerahan Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Provinsi Triwulan I Tahun 2022 di Halaman Pelataran Jam Gadang Bukittinggi, Sabtu 4 Mei 2022.

Buya mengatakan selama 46 tahun inovasi pelayanan Samsat telah banyak mengalami peningkatan, ditandai dengan pembentukan unit-unit layanan yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota, serta modernisasi layanan Pajak Daerah baik yang berbasis teknologi informasi seperti Samsat Digital Nasional (SIGNAL), maupun yang bersifat mobile dan bergerak seperti Samsat Keliling, Samsat Corner, dan Samsat Drive Thru.

Baca Juga: Gubernur Sumatera Barat Resmi Lepas Ribuan Calon Jamaah Haji Kloter Pertama ke Tanah Suci

“Saya yakin Pemprov Sumbar, Pemerintah Kabupaten/Kota, khususnya masyarakat Kota Bukittinggi, menyambut positif modernisasi dan inovasi layanan ini, sebab hal ini akan mempermudah masyarakat menyetorkan pajak kendaraannya, yang pada akhirnya, akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah khususnya yang berasal dari pajak daerah,” ungkapnya.

Ia turut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memaksimalkan berbagai layanan publik yang tersedia dan meningkatkan minat masyarakat dalam ketaatan dalam membayar pajak. Serta mendukung elektronifikasi transaksi Pajak Kendaraan Bermotor.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, mengatakan bahwa saat ini APBD Sumbar berasal dari dana dana perimbangan Rp 4,2 triliun dan Rp 2,3 triliun bersumber dari pendapatan daerah.

“Sekitar 90 persen pendapatan daerah berasal dari pajak kendaraan, dengan begitu diharapkan dapat berimplikasi positif dalam optimalisasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov Sumbar dan Pemerintah Daerah Kab/Kota,” ujarnya.

Baca Juga: Resmikan Acara Fun Bike Tour 2022, Gubernur Sumbar dan Wakil Ikut Gowes dengan Peserta

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumbar, Maswar Dedi, mengatakan kegiatan Samsat Wisata ini dipilih di Kota Bukittinggi karena Bukittinggi merupakan kota wisata.

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

Wanita Asal Cina Alami Kecelakaan di Gunung Rinjani

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:48 WIB
X