Kota Padang Panjang dan Kota Padang Ditetapkan Gubernur Sebagai Tuan Rumah Porprov ke-XVI pada 2023 Mendatang

- Senin, 6 Juni 2022 | 19:18 WIB
Gubernur Sumbar Tetapkan Kota Padang dan Padang Panjang sebagai tuan rumah Porpov ke-XVI (Diskominfotik Sumbar)
Gubernur Sumbar Tetapkan Kota Padang dan Padang Panjang sebagai tuan rumah Porpov ke-XVI (Diskominfotik Sumbar)

HARIAN HALUAN - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah telah menetapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat (Sumbar) ke-XVI akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang dan Kota Padang pada bulan Juni 2023 mendatang.

Hal ini telah disepakati dan ditetapkan oleh Buya Mahyeldi saat memimpin Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Kabupaten Kota se-Sumatera Barat tahun 2022 di Auditorium Gubernur Sumbar, Kota Padang, Senin 6 Mei 2022.

Baca Juga: Kukuh dalam Merajut Silaturrahim demi Pembangunan Nasional dan Lokal Sumbar, IKA UNAND Diapresiasi Gubernur

Sementara itu, mengenai pembagian jumlah cabang olahraga yang akan dilaksanakan di kedua kota tersebut, serta jadwal pelaksanaan Porprov akan dibahas lebih detail oleh kedua Kepala Daerah bersama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat.

Sebelumnya, dalam sambutan pembukaan Rakor, Gubernur mengatakan bahwa pemilihan tuan rumah Porprov ke-XVI telah dilaksanakan di kepulauan Mentawai pada pertengahan bulan Maret. Dengan hasil Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah yang terpilih sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah Antusias Sambut POMPROV Pertama di Sumbar

Namun, Kabupaten Tanah Datar menyatakan pengunduran diri dengan alasan ketidaksiapan anggaran pelaksanaan.

"Oleh sebab itulah perlu dibahas dalam rakor ini tentang bagaimana kita sepakati bersama siapa yang akan menjadi tuan rumah Porprov ke-XVI setelah Tanah datar secara resmi menyatakan pengunduran diri akibat ketidaksiapan anggaran. Sementara Padang Panjang tetap bersedia untuk 18 cabang olahraga," ujar gubernur.

Kemudian, dalam sesi rapat itu Kadispora Sumbar Dedy Diantolani menyampaikan 3 solusi alternatif diantaranya, Padang Panjang dengan Kabupaten Kota lain, kedua Padang Panjang sebagai pelaksana tunggal. Jika tidak bersedia, maka dipersilahkan begi daerah yang bersedia. Ketiga, KONI Sumbar sebagai penyelenggara yang menunjuk pengrov dan venue cabor.

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

MRT Jakarta Fase 3 Akan Segera Terwujud

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:31 WIB
X