Andre Rosiade Bantu Surau tempat Penyebaran Islam Pertama di Padang

- Selasa, 7 Juni 2022 | 12:40 WIB
 Pengurus DPD Gerindra Sumbar Nurhaida menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade untuk Surau Batu Singka, Balai Gadang, Kototangah, Padang yang diterima lasngsung ketua pengurus Mazhar Putra.
Pengurus DPD Gerindra Sumbar Nurhaida menyerahkan bantuan dari Andre Rosiade untuk Surau Batu Singka, Balai Gadang, Kototangah, Padang yang diterima lasngsung ketua pengurus Mazhar Putra.

 

HARIAN HALUAN - Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade begitu peduli terhadap perkembangan dakwah di daerah pemilihannya. Hal itu terlihat, saat Andre mengirimkan tim untuk membantu memperbaiki kerusakan fasilitas di Surau Batu Singka, Aia Dingin, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Kototangah, Kota Padang. Para jamaah senang dan sanagt berterima kasih kepada Andre Rosiade.

Amak Caya (88), jamaah tertua di surau itu menyebutkan, jelang Lebaran, salah satu kulah atau bak berwudhuk roboh dan tak bisa digunakan. Mereka pun mengadukan kepada Mazhar Putra, Ketua Surau Tampat Batu Singka. Agar segera dicarikan dana untuk merehab kulah dan sejumlah titik yang sudah rusak cukup lama.

“Saya jamaah di sini sudah cukup lama. Bahkan sudah ada sejak Buya Katik Munap yang menjadi ustaz di sini sekitar tahun 1965. Memang, perhatian pemerintah agak kurang untuk jamaah kami,” kata Caya saat dikunjungi pengurus DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sumbar beberapa waktu lalu.

Mazhar Putra menambahkan, lokasi tempat berwudhu pecah, rusak sebelum Lebaran. Sehingga jamaah agak kesulitan dalam beribadah. “Alhamdulillah, ada pak Andre Rosiade yang begitu peduli dengan masyarakat. Bukan Sumbar saja, tapi Indonesia juga peduli. Beliau begitu aktif dan peduli pada masyarakat, hari ini membantu kita. Beliau Anggota DPR RI dari Partai Gerindra,” kata Mazhar Putra.

Baca Juga: Banjir Dukungan, Jumat Berkah Andre Rosiade terus Digelar

Mewakili jamaah, Mazhar Putra berterima kasih kepada Andre Rosiade atas bantuannya untuk Jemaah Surau Tampat Batu Singka.

“Semoga Allah memberikan yang terbaik pada pak Andre. Kami jamaah semuanya akan mendoakan pak Andre menjadi yang terbaik. Kami semua tahu, pak Andre Rosiade, anggota DPR RI dari Partai Gerindra, yang juga ketua DPD Gerindra Sumbar, sudah berbuat banyak,” katanya.

Mazhar Putra menyebut, jamaah Syatariah Kota Padang yang berada di Surau Tampat Batu Singka cukup banyak. Bahkan bila ada acara-acara tertentu akan sangat padat. Dari berbagai daerah di Sumbar juga hadir, seperti dari Pariaman, Pasaman dan lainnya. Karena ini adalah surau bersejarah, tempat penyebaran Islam pertama Kota Padang.

“Di sini ada makam Syekh Muhammad Nasir. Beliau adalah penyebar Islam pertama di Kota Padang yang meninggal tahun 1111. Beliau adalah kawan Syekh Burhanuddin di Pariaman. Juga ada makam satu lagi, Syekh Muhammad Arif, dari Aceh datang ke sini dan meninggal tahun 1010. Sekali lagi, pak Andre sangat luar biasa, mau membantu semua pihak. Tidak melihat siapa dan dari mana,” katanya.

Halaman:

Editor: Rahma Livia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alizar Terpilih Jadi Ketua LPM Korong Gadang Padang

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:16 WIB

Vaksinasi Booster Wajib Bagi ASN Padang

Senin, 1 Agustus 2022 | 13:09 WIB

Kehadiran Tugu Apeksi Bikin Padang Kian Semarak

Senin, 1 Agustus 2022 | 11:40 WIB
X