Pemkab Agam Gelar Seminar Sepekan Jelang Peringatan Perang Manggopoh

- Selasa, 7 Juni 2022 | 17:22 WIB
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati dalam Seminar Perang Manggopoh di Kantor Camat Lubuk Basung, Selasa 7 Juni 2022 (AMC News)
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati dalam Seminar Perang Manggopoh di Kantor Camat Lubuk Basung, Selasa 7 Juni 2022 (AMC News)

HARIAN HALUAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam melalui Dinas Sosial gelar seminar Perang Manggopoh dalam rangka peringatan ke-114 tahun Perang Manggopoh di Kantor Camat Lubuk Basung, Selasa 7 Juni 2022.

Dilansir dari Agam Media Cemter (AMC), Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati  mengatakan seminar yang diikuti sebanyak 75 peserta itu digelar dalam rangka peringatan Perang Manggopoh pada tanggal 15 Juni mendatang.

“Menjelang peringatan Perang Manggopoh 15 Juni mendatang, maka digelar beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan seminar ini,” ujarnya.

Baca Juga: Tertunda Dua Tahun, Gelombang Pertama Jamaah Haji Kabupaten Agam Diterbangkan

Ia menjelaskan bahwa seminar yang menghadirkan sejumlah akademisi dan praktisi itu bertujuan sebagai sarana publikasi dan sosialisasi peringatan Perang Manggopoh.

“Selanjutnya melalui seminar ini diharapkan dapat menggali dan menambah referensi perang manggopoh dan mengusulkan pahlawan nasional asal manggopoh,” katanya.

Menurutnya, sasaran yang ingin dicapai melalui seminar yakni terwujudnya persamaan presepsi tentang sejarah pejuang kemerdekaan, memahami makna dan semangat kepahlawanan.

Baca Juga: 153 Calon Jamaah Haji Kabupaten Agam Resmi Diberangkatkan

Bupati Agam melalui Staf Ahli Sumber Daya Manusia, Ariyati mengatakan peristiwa yang telah terukir dalam lembaran sejarah perjuangan bangsa, yakni Perang Manggopoh yang terjadi pada tanggal 15 Juni 1908.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X