Tingkatkan Peran Bundo Kanduang, Nagari Gadut Tilatang Kamang Gelar Pelatihan SDM

- Rabu, 8 Juni 2022 | 18:09 WIB
Tingkatkan Peran Bundo Kanduang, Nagari Gadut Tilatang Kamang Gelar Pelatihan SDM
Tingkatkan Peran Bundo Kanduang, Nagari Gadut Tilatang Kamang Gelar Pelatihan SDM

HARIAN HALUAN - Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Bundo Kanduang, di aula kantor wali nagari setempat, Rabu 8 Juni 2022.

Kegiatan itu dibuka Camat Tilatang Kamang Ridwan dan dihadiri sebagai narasumber, Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Bundo Yenni Andri Warman.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Camat Tilatang Kamang Ridwan, menyebutkan bahwa digelarnya pelatihan SDM bagi bundo kanduang guna memperbaharui ilmu pengetahuan dalam melaksanakan peranannya sebagai Limpapeh Rumah Nan Gadang di era modernisasi dan digitalisasi.

Baca Juga: Nagari Kamang Hilia Kabupaten Agam Menjadi Percontohan Desa Antikorupsi 2022 oleh KPK

“Melalui pelatihan ini diharapkan bundo kanduang dapat tampil dengan perannya di tengah kehidupan mengikuti zaman, namun tetap berpijak pada nilai budaya Minang yang termodifikasi dalam bentuk sumbang duo baleh,” ujar camat.

Camat berharap peran bundo kanduang semakin dirasakan masyarakat, sehingga budaya Minangkabau di Kabupaten Agam, khususnya di Gadut tetap lestari.

Sementara itu, Penasehat Bundo Kanduang Kabupaten Agam, Bundo Yenni Andri Warman, meminta Bundo Kanduang harus mampu meningkatkan kapasitasnya sebagai ibu sejati dan melestarikan adat budaya Minangkabau. Maka hendaknya organisasi ini memiliki program yang kongkrit, pengurus yang solid dan sekretariat yang memadai.

Baca Juga: Pemkab Agam Gelar Seminar Sepekan Jelang Peringatan Perang Manggopoh

  1. Menurut istri bupati itu, secara harfiah mempunyai arti Ibu Sejati yang mempunyai peran yang berpengaruh terhadap perkembangan dan pelestarian budaya alam Minangkabau. 

“Fungsi Bundo Kanduang dalam kaum terlihat dalam kiasan Limpapeh Rumah Nan Gadang, amban paruik, ka pai tampek batanyo, ka pulang tampek babarito, payuang panji dalam sarugo,” kata Bundo Yenni.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X