Dinsos Agam Gelar Seminar, Tokoh-tokoh Perang Kamang Kembali Diperkenalkan

- Rabu, 8 Juni 2022 | 19:41 WIB
Sosialisasi Perang Kamang di Aula Kantor Camat Kamang Magek
Sosialisasi Perang Kamang di Aula Kantor Camat Kamang Magek

HARIAN HALUAN - Dinas Sosial kembali gelar seminar Sejarah Perang di Kabupaten Agam yakni Perang Kamang di Aula Kantor Camat Kamang Magek, Rabu 8 Juni 2022.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Sekretaris Dinas sosial Kabupaten Agam Jatirman mengatakan seminar Perang Kamang merupakan seminar kedua yang digelar Dinas Sosial.

“Dan sebelumnya juga dilaksanakan seminar Perang Manggopoh di Lubuk Basung tanggal 7 Juni 2022,” ujarnya.

Baca Juga: Nagari Kamang Hilia Kabupaten Agam Menjadi Percontohan Desa Antikorupsi 2022 oleh KPK

Lebih lanjut disampaikannya, narasumber yang diundang untuk memberikan ilmu serta pelajaran mengenai sejarah perang tersebut merupakan sejarawan, akademisi Unand Padang dan UIN Imam Bonjol Padang.

“Untuk itu dari seminar ini diharapkan masyarakat dapat memperlajari lebih mendalam Perang Kamang dalam rangka Peringatan Perang Kamang yang akan diselenggarakan pada tanggal 15 Juni mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan sasaran yang yang ingin dicapai melalui seminar ialah memperdalam pemahaman dan saling mengenal tokoh-tokoh pahlawan Perang Kamang.

Baca Juga: Pemkab Agam Gelar Seminar Sepekan Jelang Peringatan Perang Manggopoh

Bupati Agam melalui Asisten Setda III Kabupaten Agam Administrasi Umum, Andrinaldi mengatakan Perang Kamang sesungguhnya merupakan perlawanan rakyat Sumatera Barat sebagai bentuk penentangan terhadap penerapan pajak (belasting) kepada masyarakat oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X