Perkuat Pengetahuan Adat Minangkabau, Disdik Payakumbuh Gelar Pelatihan Keterampilan ABS-SBK

- Kamis, 9 Juni 2022 | 11:44 WIB
Perkuat Pengetahuan Adat Minangkabau, Disdik Payakumbuh Gelar Pelatihan Keterampilan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (Ade Suhendra)
Perkuat Pengetahuan Adat Minangkabau, Disdik Payakumbuh Gelar Pelatihan Keterampilan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (Ade Suhendra)

HARIAN HALUAN - Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh gelar Pelatihan Keterampilan Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah di Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh, Kamis 9 Juni 2022.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril mengatakan pelatihan tersebut telah digelar sejak 31 Mei 2022 lalu dan akan berakhir pada 16 Juni 2022 mendatang.

"Pelatihan ini menghadirkan Pengurus LKAM Sumbar dan Tim Literasi Adat Minangkabau Muhammad Jamil yang diikuti oleh puluhan peserta dari pendidikan non formal," kata Dasril.

Baca Juga: Musyawarah Tuo Silek Dibuka di Payakumbuh, Supardi: Silek Sebagai Identitas Budaya Orang Minang

Ia menjelaskan untuk pelatihan tersebut, dikatakannya digelar tiga gelombang yaitu Gelombang I, 31 Mei 2022 - 2 Juni 2022, Gelombang II, 7-9 Juni 2022, dan Gelombang III, 14-16 Juni 2022.

"Praktiknya nanti yaitu model pembelajaran Project Belajar Pancasila dengan memasukkan muatan lokal di antaranya adat Minang, khususnya Payakumbuh atau Luak Limo Puluah," katanya.

Menurutnya, sekolah sebagai Pusat Kebudayaan dapat membantu nilai-nilai dan budaya yang telah turun temurun, terutama adat Minang sehingga sekolah dapat melestarikan budaya yang saat ini mulai tergerus.

Baca Juga: Payakumbuh Bersiap Gelar Galanggang Silek Tradisi 2022, Tuo Silek: Membawa Kembali Silek ke Tengah Gelanggang

"Sebagian generasi muda sekarang, adat budaya sudah tercabut dari akarnya yang diakibatkan adanya globalisasi, modernisasi, dan adat Minang yang sudah mulai asing bagi anak-anak kita," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Ingin Ikut Napak Tilas Bung Hatta? Ini Caranya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:47 WIB
X