WN Jepang Buron Kasus Bansos Covid-19 Ditangkap di Lampung, Siapa Dia Sebenarnya?

- Kamis, 9 Juni 2022 | 13:46 WIB
Mitsuhiro Taniguchi
Mitsuhiro Taniguchi

Jakarta, HarianHaluan.com – Mitsuhiro Taniguchi seorang warga negara Jepang yang telah menjadiburonan">#buronan dikabarkan ditangkap di Lampung.

Sebagai informasi, Mitsuhiro masuk dalam daftarburonan">#buronan internasional oleh Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo

Melansir dari Asahi Shimbun, Mitsuhiro Taniguchi diketahui terbukti melakukan tindak penipuan agar mendapatkan dana bantuan sosial (bansos) COVID-19. Ia mengajukan permohonan dana untuk usaha kecilnya.

Baca Juga: Hari Ketiga di NTT, Jokowi Tinjau Pabrik Shorgum dan Bagikan Bansos

Dikutip dari web Detik.com Mitsuhiro ternyata sudah berada di Indonesia sejak Oktober 2020. Ia melarikan diri ke Indonesia dan meminta temannya untuk mencarikan kenalan yang sukses menjalankan bisnis di Indonesia. Dengan tujuan akhir untuk mendapatkan uang agar bisa menyelesaikan kasus hukumnya di Jepang.

Terkait hal ini, Pihak kepolisian Jepang berkoordinasi dengan Polri untuk mencari keberadaan Mitsuhiro. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Polri mengambil langkah koordinasi proaktif untuk mencari keberadaan Mitsuhiro Taniguchi.

"Polri proaktif koordinasi dengan kepolisian Jepang (NPA) dan pihak terkait atau Imigrasi untuk melacak keberadaan yang bersangkutan. Apabila ditemukan akan segera diinfokan ke Slo Kepolisian Jepang untuk ditindaklanjuti secara administrasi," kata Dedi dalam keterangannya, Senin (6/6/2022).

Baca Juga: Siap-Siap BLT Gaji 1 Juta dari Pemerintah Akan Segera Cair, Berikut Syarat Penerimanya

Setelah mengetahui keberadaan Mitsuhiro, pihak kepolisian daerah Polda Lampung dan Kepolisian Lampung Tengah langsung mencari keberadaan pria tersebut. Mitsuhiro ditangkap pada Selasa (8/6/2022) malam menjelang dini hari di daerah Kali Anget, Lampung Tengah.

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Pembunuhan Guru TK Terancam 15 Tahun Penjara

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X