PT Pos KCU Padang Siap Distribusikan Perangkat STB untuk Program ASO

- Kamis, 9 Juni 2022 | 13:51 WIB
Kepala Marketing Jasa Keuangan PT Pos KCU Padang Anis Sri Novizar
Kepala Marketing Jasa Keuangan PT Pos KCU Padang Anis Sri Novizar

 


HARIAN HALUAN – Program Analog Switch Off (ASO) 2022, telah berjalan sejak April 2022 lalu. Sejak saat itu, siaran televisi yang telah beralih dari sistem TV analog ke TV digital, menjadi lebih bersih diterima masyarakat.

Masyarakat kurang mampu yang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) dari Kemensos RI, tak perlu mengeluarkan dana khusus untuk hal itu, apalagi mengeluarkan uang bulanan untuk menangkap siaran televisi yang kini makin beragam dan menarik. Mereka juga tak perlu mengganti TV analog yang mereka miliki menjadi TV digital, karena kini ada perangkat khusus yang membuat siaran digital Indonesia bisa ditangkap dengan jernih.

Perangkat tersebut diberi nama Set Top Box (STB) yang merupakan alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa. Adapun fungsi dari STB TV digital adalah sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Baca Juga: WN Jepang Buron Kasus Bansos Covid-19 Ditangkap di Lampung, Siapa Dia Sebenarnya?

Perangkat STB tersebut, dibagikan secara gratis kepada para penerima bansos melalui PT Pos Indonesia. Di Sumbar, PT Pos Indonesia KCU Padang, siap untuk mendistribusikan perangkat tersebut kepada para penerima bansos. Di Sumbar, ada sekitar 300 ribu penerima bansos. Dan khusus di Padang ada sekitar 35 ribu penerima bansos.

Namun nantinya, tidak semua penerima bansos menerima STB. Hanya rumah tangga miskin yang memenuhi kriteria yang menerima. Kriterianya antara lain : dapat menerima siaran dari pemancar teresterial atau berada pada wilayah layanan siaran penyelenggara multiplexing. Tidak menggunakan parabola. Rumah tangga miskin yang memiliki televisi.

Kepala Marketing Jasa Keuangan PT Pos KCU Padang Anis Sri Novizar kepada Harianhaluan.com, Selasa (7/6) menyebutkan, pihaknya sudah mendapat pemberitahuan tentang keterlibatannya mereka dalam ASO.

“Sekarang kita sedang menunggu, perangkat STB tersebut dari pusat. Kita belum tahu berapa jumlah yang akan didistribusikan untuk Padang. Yang jelas, begitu sampai di Padang, akan segera kita distribusikan sesuai dengan nama-nama yang telah dituliskan di paket-paket tersebut, karena tidak semua penerima bansos otomatis mendapatkan STB," kata Anis.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X