Inspiratif! Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani Asal Magetan Berhasil Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

- Kamis, 9 Juni 2022 | 14:37 WIB
Putri Wahyu Kusumaningtyas/ Peraih beasiswa
Putri Wahyu Kusumaningtyas/ Peraih beasiswa

Jakarta, HarianHaluan.com – Kisah inspiratif datang dari siswi madarasah di Magetan, Jawa Timur bernama Putri Wahyu Kusumaningtyas.

Dalam waktu dekat, Putri akan terbang ke Kanada setelah mendapatkan#beasiswa kuliah di University of British Columbia (UBC). Ia berhasil mendapatkan#beasiswa kuliah setelah mendapatkan undangan#beasiswa Indonesia Maju dari pemerintah.

"Awalnya saya ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN), meski tidak juara, tapi jadi salah satu finalis," kata Putri, Senin (6/6/2022), seperti dilansir laman Kementerian Agama.

Baca Juga: Buruan Daftar! Kemenkes Buka Beasiswa Dokter Spesialis Hingga 1.600 Kuota

Putri menambahkan, lantaran jadi salah satu finalis OSN, dia mendapatkan undangan#beasiswa Indonesia Maju. Putri lantas mencoba peruntungannya.

Putri sendiri merupakan siswa MAN 2 Ponorogo, Ia bercerita bahwa dirinya bukan tergolong siswa yang paling pintar di sekolah.

 Ia hanya mendapatkan ranking ke-26 dari 300 siswa kelas XII di MAN 2 Ponorogo. Namun, karena keuletannya dalam belajar, dia jadi satu-satunya wakil MAN 2 Ponorogo yang lolos kuliah ke luar negeri.

Putri bercerita bahwa UBC adalah salah satu kampus idamannya. Saat ini siswa MAN 2 Ponorogo itu sedang mempersiapkan diri sebelum berangkat pada Agustus nanti. "Saya lolos seleksi administrasi, wawancara, serta melengkapi persyaratan seperti paspor, nilai IELTS, personal profile untuk apply ke kampus tujuan.

Baca Juga: Berdayakan Disabilitas, PLN Berikan Pelatihan Digital Entrepreneur dan Beasiswa Prestasi

Halaman:

Editor: Alfitra Akbar

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelaku Pembunuhan Guru TK Terancam 15 Tahun Penjara

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:34 WIB
X