Galanggang Silek Tradisi Digelar di Payakumbuh, Supardi: Silek adalah Pembentuk Karakter Masyarakat Minang

- Jumat, 10 Juni 2022 | 16:31 WIB
Galanggang Silek Tradisi Digelar di Payakumbuh, Supardi: Silek adalah Pembentuk Karakter Masyarakat Minang
Galanggang Silek Tradisi Digelar di Payakumbuh, Supardi: Silek adalah Pembentuk Karakter Masyarakat Minang

HARIAN HALUAN - Sejumlah sasaran silek tradisi dari berbagai wilayah di Sumbar bakal tampil di Galanggang Silek Tradisi (GST) yang Akan berlangsung di Agam Jua Art and Cafe, Payakumbuh pada 11-13 Juni 2022.

Kegiatan GST ini sendiri akan dimulai pada pukul 20.00 WIB dan akan menghadirkan beberapa sasaran silek seperti sasaran Karang Indah dari Padang Pariaman, Harimau Sakato dari Aie Dingin, Sinar Tampalo dari Sijunjuang, dan lainnya. 

Dimama tiap sasaran akan mempertunjukkan kekhasan serta keunikan aliran silek masing-masing dan beragam permainan serta tarian yang dikembangkan dari gerakan silek yaitu permainan Silek Podang, Tari Piriang, Silek dan Main Api, Tari Lampu Togok, dan permainan Kurambiek Asik Lukah.

Baca Juga: Musyawarah Tuo Silek Dibuka di Payakumbuh, Supardi: Silek Sebagai Identitas Budaya Orang Minang

Kurator Galanggang Silek Tradisi Zuari Abdullah mengatakan dalam iven ini silek tidak ditampilkan sebagai seromoni semata tapi lebih menghadirkan silek tradisi secara lebih utuh. 

“Jika festival-festival silek umumnya hanya menampilkan silek sebagai seni beladiri, dalam Galanggang Silek Tradisi kita mencoba menyuguhkan silek tradisi lebih menyeluruh,” katanya.

Menurutnya, Galanggang Silek Tradisi dibuat untuk menyebarkan pengetahuan mengenai silek tradisi pada khalayak luas dan festival dalam format seperti ini dikatakannya sangat penting untuk lebih mengenalkan betapa kayanya silek tradisi Minangkabau pada masyarakat luas, terutama generasi muda. 

Baca Juga: Payakumbuh Bersiap Gelar Galanggang Silek Tradisi 2022, Tuo Silek: Membawa Kembali Silek ke Tengah Gelanggang

“Tidak hanya gerak langkah saja yang akan ditampilkan, namun ragam gerak langkah dari berbagai sasaran yang ikut berpartisipasi. Setiap sasaran dengan aliran sileknya masing-masing, berkesempatan mengenalkan alirannya masing-masing, serta berbagai permainan yang lahir di tiap-tiap sasaran itu,” ujar Zuari.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X