Aksi Geber Emas Digagas Forum BS MSME Dapat Respon Positif Masyarakat

- Minggu, 12 Juni 2022 | 20:18 WIB
Foto bareng penggiat lingkungan seusai menandatangani Komitmen Bersama Geber Emas
Foto bareng penggiat lingkungan seusai menandatangani Komitmen Bersama Geber Emas

HARIANHALUAN - Aksi Gerakan Bersama Edukasi Masyarakat (Geber Emas) yang diadakan Forum Bank Sampah Memilah Sampah Menabung Emas (BS MSME) Indonesia mendapat respon positif masyarakat.

"Saya mendukung kegiatan Geber Emas ini karena banyak manfaatnya seperti kita diajak bersih rumah tangga dari sampah terutama sampah plastik," ucap Nani, warga Rimbo Kaluang, Padang Barat pada media ini, di sela penyerahan tas belanja berbahan non plastik, Minggu, 12 Juni 2022.

Aksi Geber Emas yang dihelat di GOR Agussalim dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, resmi dibuka Kadis Lingkungan Hidup diwakili
Kabid Kemitraan, komunikasi dan Program DLH Kota Padang, Innsanul Rizky ST.

Menurut Rizky, aksi Geber Emas ini sangat perlu didukung semua pihak karena dapat mengurangi timbulan sampah terutama sampah plastik.

Kita sangat khawatir karena produksi sampah hampir mencapai 500 ton perhari. Jika kondisi ini tak segera diantisipasi maka diperkirakan TPA takkan bisa lagi menampung sampah empat sampai lima tahun kedepan.

Untuk itu, harapnya, aksi Geber Emas ini perlu kita dukung dan terus dilakukan secara terprogram bersama penggiat lingkungan.

Sementara Deputy Bisnis Pegadaian Area Padang, Januardi menyatakan bahwa pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu kegiatan bank sampah dalam upaya mengurangi timbulan sampah.

Sedangkan Ketua Forum BS MSME Indonesia Mina Dewi Sukmawati berharap selepas aksi Geber Emas semua peserta agar dapat menjadi duta literasi tuk entaskan timbulan sampah plastik di masyarakat.

Kegiatan aksi Geber Emas yang turut didukung Pegadaian, Forum BS MSME, BS Pancadaya, Walhi, J&T, UNP, Ecobby, Crown, ASR dan Gilpras ini, menurut Ketua Panitia Forum BS MSME, Eko Muhardi turut diwarnai penandatanganan Komitmen Bersama Geber Emas Kurangi Sampah Plastik dari Sumber Timbulan Sampah Plastik.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Rilis

Terkini

X