Tingkatkan Budaya Literasi Minangkabau, Satupena Sumbar Bakal Gelar International Minangkabau Literacy Fes

- Senin, 13 Juni 2022 | 12:29 WIB
Tingkatkan Budaya Literasi Minangkabau, Satupena Sumbar Gelar Melewakan Internasional Minangkabau Literacy Festival
Tingkatkan Budaya Literasi Minangkabau, Satupena Sumbar Gelar Melewakan Internasional Minangkabau Literacy Festival

HARIAN HALUAN - Satupena Provinsi Sumtera Barat (Sumbar) gelar kegiatan Melewakan Internasional Minangkabau Literacy Festival (IMLF) di Gedung Museum Aditiyawarman, Sabtu 11 Juni 2022 kemarin.

Iven tersebut digelar untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dalam kurun waktu belakangan yang terus mengalami kemajuan. 

Ketua Satupena Sumbar Sastri Bakry mengatakan hal tersebut didasarkan adanya literasi atau kemampuan membaca dan menulis agar dapat memahami suatu masalah karena literasi menjadi penting untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilian.

Baca Juga: Catat! Pemerintah Dikabarkan Akan Menaikan Tarif Listrik Per 1 Juli

"Kita ingin membangkitkan budaya literasi dan ingin menggerakkan aspek kehidupan berbangsa karena literasi kita kan dalam rengking dunia masih rendah dan Sumbar ingin memberikan peran tersebut, sambil menampilkan eksistensi para pekarya seniman, budayawan, untuk melihatkan karyanya kepada dunia," kata Sastri Bakry.

Ia menjelaskan bahwa dengan penyelenggaran IMLF tentunya dapat menguatkan literasi itu sendiri, baik seniman, budayawan, dan lain sebagai sehingga ke depannya dapat bersatu dalam iven yang direncanakan pada 22 hingga 27 Febuari 2023.

"Penyelenggaraan IMLF memerlukan kerja keras dan dukungan dari semua pihak karena terdapat beberapa daerah yang ikut menyukseskan IMLF seperti Padang, Padang Panjang, Agam dan Bukittinggi sehingga dengan diskusi literasi diharapkan dapat, mencari masukkan sehingga persiapan IMLF yang bakal dihelat tahun depan berjalan dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: Geger Pernikahan Manusia dengan Kambing, Polisi Periksa 18 Saksi

Menurutnya, dlam kegiatan tersebut nantinya akan digelar workshop, pameran buku, pementasan seni budaya dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

X