Dinas Perikanan Pesisir Selatan Segera Pindahkan 62 Unit Keramba Jaring Apung Ke Sungai Bungin

- Rabu, 15 Juni 2022 | 20:30 WIB
Dinas Perikanan Pesisir Selatan Segera Pindahkan 62 Unit Keramba Jaring Apung Ke Sungai Bungin
Dinas Perikanan Pesisir Selatan Segera Pindahkan 62 Unit Keramba Jaring Apung Ke Sungai Bungin

 

HARIAN HALUAN - Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) segerah memindahkan 62 unit keramba jaring apung dari perairan Kawasan Madeh, Kecamatan Koto XI Tarusan ke perairan Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas.

Upaya itu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat nelayan dalam melakukan budidaya ikan kerapu di perairan Kampung Sungai Bungin sesuai potensi yang dimiliki.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Pessel, Firdaus, mengatakan Selasa (14/6) bahwa kerambah jaring apung yang dipindah itu merupakan bantuan hibah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) selama rentang waktu 2013-2015.

"Karena di lokasi lama pemanfaatannya kurang maksimal oleh masyarakat nelayan, sehingga kami pindahkan ke perairan Sungai Bungin," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pemanfaatan keramba jaring apung itu tidak maksimal di perairan Kawasan karena disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu diantaranya karena tidak adanya kelanjutan budidaya oleh kelompok nelayan yang ditunjuk di lokasi itu.

Baca Juga: Rakor SDI Propinsi 2022, Pemkab Pessel Prioritaskan Pembangunan Portal SDI

"Setelah bantuan habis, semua kegiatan pembudidayaan pun berakhir, daripada keramba jaring apung tidak digunakan di lokasi yang lama, maka kami putuskan untuk dipindahkan ke Sungai Bungin," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa di Sungai Bungin itu nanti, proses awal budidaya yang akan dilakukan oleh kelompok nelayan, akan dibantu melalui anggaran pokok pikiran (pokir) Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Selain bibit, nelayan nantinya juga akan akan dibantu pakan. Sesuai rencana anggaran itu akan direalisasikan tahun ini," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

X