STB Bantu Pengguna TV Analog Menikmati Siaran Digital yang Lebih Jernih

- Rabu, 15 Juni 2022 | 11:14 WIB
Siaran TV digital yang jernih dapat dinikmati meski dari TV analog dengan bantuan perangkat STB. (ATVIARNI)
Siaran TV digital yang jernih dapat dinikmati meski dari TV analog dengan bantuan perangkat STB. (ATVIARNI)

 

 

HARIAN HALUAN -- Wajah Alex (40) tampak sumringah. Senyum tak lepas dari bibirnya saat menonton siaran televisi di hadapannya, Selasa (14/6). Di tangan warga Jati, Padang itu, ada remote control TV. Sesekali jemarinya menekan tombol untuk beralih siaran televisi yang sedang dinikmatinya. Ia memang baru saja memasang perangkat set top box (STB) di TV analognya.

"Saya senang sekali sekarang sudah pakai alat set top box (STB) ini. Beberapa waktu lalu, ada beberapa chanel TV yang hilang karena tak bisa ditangkap dari TV analog ini. Untung ada kawan yang menyarankan untuk beli STB, agar siaran televisi digital Indonesia bisa ditangkap dengan jernih dan yang penting gratis pula," katanya kepada Haluan.

Sejak diberlakukannya program analog switch off (ASO), siaran televisi yang telah beralih ke digital memang tak bisa lagi ditangkap di TV analog. Perangkat STB inilah yang berfungsi membantu masyarakat untuk menikmati siaran digital Indonesia tersebut.

Baca Juga: Sungai Lundang Wakili Pesisir Selatan untuk Penilaian dan Evaluasi Desa/Nagari Tahun 2022

Alex membeli sendiri perangkat STB merk Evercoss di toko elektronik di Pasar Raya Padang seharga Rp250 ribu. Karyawan toko itu membantunya untuk setting perangkat, dan mencari chanel yang tersedia.

"Hanya butuh kode pos di lokasi rumah tempat kita akan memasang STB ini. Jadilah, sekarang di TV saya sudah bisa ditonton sekitar 30 siaran," katanya.

Beberapa anggota keluarganya yang lain pun turut senang dengan terpasangnya perangkat STB di rumah mereka.

"Sekarang saya sudah bisa nonton acara yang saya sukai. Juga anak-anak bisa menonton film kartun kesukaannya," kata Dewi bersama anaknya Rizki.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X