Dibuka Malam Ini, Pasar Seni Payakumbuh Angkat Kekayaan Nilai Kuliner Tradisional Minangkabau

- Rabu, 15 Juni 2022 | 18:13 WIB
Asam Pisang, salah satu kuliner tradisional Minangkabau dari Kabupaten Lima Puluh Kota
Asam Pisang, salah satu kuliner tradisional Minangkabau dari Kabupaten Lima Puluh Kota

HARIAN HALUAN - Pasar Seni Payakumbuh yang berlangsung di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah dibuka hari ini, Rabu 15 Juni 2022. 

Iven ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan, dari tanggal 15 Juni 2022 hingga 17 Juni 2022 yang dimulai dari jam 14.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat Hendri Fauzan mengatakan di Pasar Seni Payakumbuh nantinya pengunjung akan disuguhi pameran ragam seni kuliner tradisional, dimana sekitar 20 jenis kuliner traidisional dari penjuru Minangkabau bakal dipamerkan di standnya masing-masing. 

Baca Juga: Sajikan Beragam Pertunjukan di Galanggang Silek Tradisi, Supardi: Ini Baru Sebagian Kecil Aset Budaya Kita

"Tidak hanya pameran kuliner tradisional, di sini juga akan ditampilkan seni pertunjukan tradisi yang berhubungan dengan ketahanan pangan dalam kebudayaan Minangkabau, seperti pertunjukan Randai dan Ratok Suayan," ujarnya.

Menurutnya, di sebagian stand nantinya pengunjung juga bahkan bisa melihat langsung proses pembuatan kuliner-kuliner tradisional, termasuk ritual-ritual sebelum memasak kuliner tersebut. 

"Pasar Seni Payakumbuh diadakan oleh UPTD Taman Budaya Sumatera Barat dengan inisiasi dari Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi yang bertujuan untuk mempromosikan kekayaan kuliner tradisional Minangkabau dengan segala potensinya, terutama yang berhubungan dengan ketahanan pangan," katanya.

Baca Juga: Galanggang Silek Tradisi Digelar di Payakumbuh, Supardi: Silek adalah Pembentuk Karakter Masyarakat Minang

Ia menambahkan bahwa acara ini difasilitasi oleh UPTD Tambud Sumbar untuk lebih mengenalkan lagi kekayaan kuliner kita sehingga kegiatan ini dapat menjadi sarana edukasi soal nilai-nilai ketahanan pangan yang ada pada kuliner-kuliner tersebut.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Berprestasi, Wako Hendri Septa Umrahkan 44 ASN Padang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:15 WIB
X