Dugaan Kisruh Suku Chaniago dan KAN Nagari Salayo, Ini Penjelasan Kedua Pihak

- Jumat, 17 Juni 2022 | 13:42 WIB
Dugaan Kisruh Suku Chaniago dan KAN Nagari Salayo, Ini Penjelasan Kedua Pihak
Dugaan Kisruh Suku Chaniago dan KAN Nagari Salayo, Ini Penjelasan Kedua Pihak

HARIAN HALUAN - Kaum Datuk Bandaro Kayo dari Suku Chaniago Tigo Korong Nagari Salayo, Kabupaten Solok kembali kuasai Kantor Balai Adat Nan Panjang Kubung Tigobaleh yang berada di Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok dan ini diduga merupakan buntut dari kisruh adat yang berada di Nagari Salayo, Kabupaten Solok.

Bundo Kanduang Kaum Datuk Bandaro Kayo Yetnasriyanti mengatakan penguasaan Kantor Balai Adat Nan Panjang Kubung Tigobaleh tersebut sebagai bentuk pengambilan hak dari nenek moyang kerapatan adat Nagari Salayo yang dikuasai pihak lain.

"Penguasan Kantor Balai Adat Nan Panjang Kubung Tigobaleh merupakan bentuk dari pertikaian dengan kelompok Doni Indra SH Cs dengan kami pemangkut adat yang sah dari kaum Suku Chaniago," katanya, Kamis 16 Juni 2022.

Baca Juga: Di Solok, Mulyadi Dipakaikan Baju Gadang Khas Nagari Salayo

Lebih lanjut, Yetnasriyanti menjelaskan bahwa perebutan balai adat ini dikarenakan terlalu seringnya berseteru dengan kelompok Doni Indra Cs yang merupakan Ketua KAN Nagari Salayo yang masa kepemimpinannya telah habis.

"Begitu banyak kejanggalan dan banyak ketimpangam yang dilakukan oleh Doni Indra Cs dalam menyelesaikan permasalahan adat di Nagari Salayo ini," ujarnya.

Dihubungi terpisah, mantan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Salayo Doni Indra saat di hubungi media mengakui bahwa masa kepengurusan dirinya dan perangkat KAN Nagari Salayo telah habis masa kepemimpinannya sejak November 2020 lalu.

Baca Juga: 2 unit Kontrakan dan 1 Gudang Terbakar di Sangir Solok Selatan

"Kita mengakui bahwa masa kepemimpinan kita telah habis, tetapi kita telah melakukan rapat dengan Wali Nagari Nagari Salayo untuk mengisi kekosongan dengan pengurus inti dan hasilnya yaitu kesepakatan perpanjangan Kepengurusan sampai Agustus 2022," katanya.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X