Sulap FABA Jadi Beton hingga Pupuk, PLN Dapat Apresiasi Dari Kementerian ESDM

- Jumat, 17 Juni 2022 | 17:26 WIB
Sulap FABA Jadi Beton hingga Pupuk, PLN Dapat Apresiasi Dari Kementerian ESDM
Sulap FABA Jadi Beton hingga Pupuk, PLN Dapat Apresiasi Dari Kementerian ESDM

HARIAN HALUAN - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) apresiasi PT PLN (Persero) dalam mendorong pemanfaatan material Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) atau limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM M. P. Dwi Nugroho dan Koordinator Perlindungan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Bayu Nugroho mengatakan saat melakukan tinjauan lapangan pengelolaan FABA PLTU Ombilin di dua lokasi di Sawahlunto, Sumatera Barat, diketahui tumpukan FABA sejak 2016 sebanyak 720 ribu ton telah habis karena berhasil dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

“Beberapa tahun lalu, di lokasi tempat penampungan sementara ini masih terlihat tumpukan FABA yang menggunung, sangat banyak sekali. Namun hari ini sudah kosong, luar biasa sekali upaya yang telah dilakukan PLTU Ombilin dapat memanfaatkan FABA,” ujar Dwi.

Baca Juga: Ini Daftar Golongan Pelanggan Bisnis dan Industri PLN Tidak Terdampak Kenaikan Tarif Listrik

Ia menjelaskan bahwa studi kasus di PLTU Ombilin ini juga berhasil membuktikan bahwa FABA memiliki beragam manfaat yang sangat berguna bagi lingkungan dan masyarakat, seperti pada timbunan lokasi Tandikek yang sejak 2008 telah ditumbuhi tanaman dengan subur dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan maupun lingkungan terhadap flora dan fauna.

"Di samping itu, pada lokasi bekas tambang, FABA dapat dijadikan sebagai material backfilling dan sebagai penetral air asam tambang sehingga pada lokasi tersebut terlihat ada perbaikan terhadap bentang alam yang semakin produktif untuk potensi konservasi dan penghijauan," katanya.

Manager Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin, Shodiqin menambahkan selain sebagai penetralisir asam tambang, FABA juga telah dimanfaatkan sebagai bahan baku paving block, batako, beton dan pupuk sejak tahun 2021 sebanyak 170 ton dengan menggandeng UMKM sekitar unit pembangkit dalam pemanfaatan produk-produk FABA tersebut. Dimana, produk-produk dari limbah FABA ini telah diuji oleh laboratorium terakreditasi.

Baca Juga: PLN Mengajar, Edukasi Generasi Muda Peduli K2

Melihat kualitas hasil olahan FABA yang sangat baik ini, PLN UPK Ombilin pun berinisiatif melakukan pelatihan sederhana pembuatan beton FABA dan plester FABA untuk selanjutnya dapat diberikan kepada masyarakat secara luas.

Halaman:

Editor: Ade Suhendra

Tags

Terkini

Ingin Ikut Napak Tilas Bung Hatta? Ini Caranya

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 09:47 WIB

SMP N 7 Sutera Pesisir Selatan Jadi Boarding School

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:55 WIB
X