ASO Berikan Peluang Bagi Konten Kreator Berkreasi 

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:47 WIB
Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatra Barat (KPID Sumbar), Dasrul
Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatra Barat (KPID Sumbar), Dasrul

 

HARIAN HALUAN – Program Analog Switch Off (ASO) atau peralihan siaran dari TV analog ke TV digital, memberikan peluang yang lebih besar bagi konten kreator untuk berkreasi. Sebab, ASO yang ditargetkan selesai pada November 2022 ini, memberikan peluang juga bagi kehadiran chanel-chanel TV baru.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sumatra Barat (KPID Sumbar), Dasrul, Jumat (17/6) mengatakan, siaran digital Indonesia berdampak positif terhadap perekonomian di daerah. Utamanya, bagi dunia kerja di Sumbar serta mengurangi pengangguran bagi generasi muda kreatif. 

“Hal ini peluang yang cukup bagus dan berhubungan langsung dengan visi misi pemerintah Sumbar menciptakan enterprenuer muda dan ekonomi kreatif," kata Dasrul. 

Baca Juga: Program ASO 2022, PT Pos Indonesia KC Padang Panjang Distribusikan 248 Unit STB

Khusus di Sumbar, kata Dasrul, memiliki kuota 31 kanal. Yang baru terisi, 13 kanal siaran, masih ada kuota 18 kanal siaran lagi.  Itu akan memberikan ruang bagi pengusaha-pengusaha mengisi kekosongan siaran tersebut. Semua chanel, diwajibkan menyiarkan 10 persen kuota lokal. Dan ini adalah peluang bagi konten kreator untuk menampilkan karyanya.   

"Jika hasil karya mereka bagus, tentu akan dilirik oleh pengusaha-pengusaha media," ucap Dasrul yang sudah lama bergerak di bidang pertelevisian ini. 

Menurutnya, pengusaha akan diuntungkan oleh karya para konten kreator plus kuota 10 konten lokal pun terpenuhi. Begitu juga sebaliknya, hasil karya konten kreator dihargai dengan muncul di siaran TV Analog. 

KPID menurut Dasrul, selalu memantau siaran-siaran TV daerahnya. Jadi, jika kuota 10 persen muatan lokal tidak terpenuhi, akan ada teguran dari KPID serta berikutnya sanksi bagi pengusaha media tersebut. (*)

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X