75 KPM di Sawahlunto Kini Bisa Nikmati Siaran TV Digital

- Jumat, 17 Juni 2022 | 20:55 WIB
Supervisor Operasi dan Kurir PT Pos Indonesia Kantor Cabang Sawahlunto, M Fajar Ikram dan salah seorang penerima STB di Sawahlunto.
Supervisor Operasi dan Kurir PT Pos Indonesia Kantor Cabang Sawahlunto, M Fajar Ikram dan salah seorang penerima STB di Sawahlunto.

 

HARIAN HALUAN – Program Analog Switch Off (ASO) atau perlaihan dari siaran TV analog ke siaran TV digital di Indobesia sudah berjalan sejak April 2022 lalu. Bagi keluarga kurang mampu dengan kriteria yang telah ditetapkan, pemerintah dalam hal ini Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kekominfo RI) membagikan perangkat Set Top Box (STB) kepada masyarakat secara gratis.  Dengan menggunakan perangkat ini pengguna TV analog bisa mendapatkan siaran TV yang lebih jernih dan bersih, tanpa harus mengeluarkan biaya bulanan tambahan.

Pembagian perangkat STB program ASO 2022 tersebut, dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia. Khusus di Sawahlunto, ada 75 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terpasang Set Top Box (STB) di rumahnya masing-masing yang didisbusikan oleh PT Pos Indonesia. 

Supervisor Operasi dan Kurir PT Pos Indonesia Kantor Cabang Sawahlunto, M Fajar Ikram kepada Haluan, Jumat (17/6), mengatakan, 75 unit STB tersebut sudah disalurkan dan dipasangkan langsung kepada warga. Data KPM itu diperoleh langsung dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. PT Pos Indonesia Kantor Cabang hanya mendistribusikan sesuai alamat tertera. 

Baca Juga: ASO Berikan Peluang Bagi Konten Kreator Berkreasi 

“Semua STB tersebut disebarkan kepada masyarakat di Kecamatan Talawi, tepatnya di Desa Talawi Mudiak, Desa Talawi Hilir, Desa Tumpuk Tangah, Desa Salak, Desa Talang dan Desa Sijantang Koto. Untuk pendistribusian STB kami membutuhkan waktu selama lima hari," ucap M Fajar Ikram. 

Ada dua tim yang diturunkan ke lapangan. Mereka didampingi  Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Talawi. 

"Di KTP hanya ada alamat, Jorong dan Desa serta Kecamtan, dan tak ada nomor rumah kami mengalami kesulitan langsung ke rumah. Sehingga, di setiap desa kami didamping tim desa seperti Pekerja Sosial Masyarakat (PKM)," jelasnya. 

Untuk kendalanya, katanya, tim PT Pos Indonesia Kantor Cabang Sawahlunto tidak mengalami masalah yang berat. Tapi, ketika dilokasi yang PKM-nya tidak ada di rumah, jadi petugas harus melakukan pengantaran ulang. 

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X